Nadya Inisiasi Lelang Jersey Untuk Berdonasi

Lelang jersey atlet Indonesia untuk bantu penyediaan APD tenaga medis.
Lelang jersey atlet Indonesia untuk bantu penyediaan APD tenaga medis.
Nasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Pandemi COVID-19 yang masih merebak di Indonesia lantas membuat pebulutangkis spesialis ganda putri asal PB Pertamina Fastron, Nadya Melati tergerak untuk menggalang donasi dengan cara melelang jersey atau baju sejumlah atlet Pelatnas maupun mantan pemain Pelatnas yang dilengkapi dengan tanda tangan. Sejak Senin (20/4) kemarin, lelang yang berlangsung di akun Instagram Nadya pun ramai dikunjungi pencinta bulutangkis yang ingin berdonasi sekaligus berburu jersey atlet favoritnya.

“Saya cuma mau bilang terima kasih untuk teman-temen yang sudah mengikuti lelang ini. Mereka rela beli jersey idolanya untuk berdonasi. Padahal situasinya lagi sulit seperti ini. Dan ternyata, beberapa yang menang lelang, tinggalnya jauh-jauh, saya sendiri sampai heran. Tapi sekali lagi saya ucapkan terima kasih, semoga rejeki kalian mengalir terus,” ungkap Nadya Melati kepada Djarumbadminton.com.

Nadya menuturkan, alasan dirinya menginisiasi lelang ini karena merasa prihatin melihat tenaga medis Indonesia yang kekurangan perlengkapan Alat Pelindung Diri (APD) saat tengah berjuang di garda terdepan melawan wabah virus Corona.

“Jadi awalnya saya merasa useless. Di situasi pandemi ini saya pribadi belum bisa berbuat apa-apa. Turnamen lagi nggak ada, jadi saya bingung mau bantu pake apa. Tiba-tiba waktu mau tidur kepikiran untuk buat lelang. Karena saya pernah buat lelang jersey sendiri waktu itu, walaupun nggak seberapa. Tadinya saya cuma bicarain ini sama Tiara (Rosalia Nuraidah), tapi akhirnya kita mikir ajak anak-anak (atlet Pelatnas) yang lain saja, dan saya sempat kaget karena mereka semua support,” bebernya.

“Hasil dari lelang ini 100 persen akan disumbangkan kepada tenaga medis dalam bentuk APD,” tambahnya.

Dalam penggalangan donasi ini, barang yang dilelang antara lain jersey dan raket dari Greysia Polii, jersey Apriyani Rahayu, Melati Daeva Oktavianti, Gloria Emanuelle Widjaja, Muhammad Rian Ardianto, Gregoria Mariska Tunjung, Ribka Sugiarto, Siti Fadia Silva Ramadhanti, Febriana Dwipuji Kusuma, Marsheilla Gischa Islami, Ni Ketut Mahadewi Istarani, Tania Oktaviani Kusumah, Yulfira Barkah, Nitya Krishinda Maheswari, Rizki Amelia Pradipta, Tiara Rosalia Nuraidah dan raket Adriyanti Firdasari.

“Untuk teman-teman pemain, terima kasih atas support-nya. Walaupun ada beberapa junior yang jujur saya nggak begitu dekat, tapi mereka ikutan dalam penggalangan donasi ini. Saya cuma bisa support dan mendoakan mereka untuk bisa terus berprestasi. Dan ada juga bantuan dari Liliyana Natsir. Di luar itu, ada juga donatur yang nggak mau disebutkan namanya. Sekali lagi, terima kasih,” tutupnya.

Sampai saat ini, hasil lelang jersey dan donasi yang terkumpul sudah mencapai Rp 12.420.000.

Sementara itu, Melati Daeva Oktavianti mengaku senang bisa membantu kegiatan ini. Ia pun turut menyumbangkan salah satu jerseynya untuk dilelang. “Senang bisa membantu kegiatan seperti ini. Hasilnya nanti kan bakal dibelikan APD untuk tenaga medis di beberapa rumah sakit yang membutuhkan. Semoga saja bermanfaat. Saya menyumbangkan jersey yang saya pakai waktu semifinal All England 2019 melawan Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (Tiongkok),” tutur Melati.