Juara Grup, Ribka/Fadia ke Perempat Final

Ribka Sugiarto/Siti Fadia Silva Ramadhanti bersiap menghadang pengembalian.
Ribka Sugiarto/Siti Fadia Silva Ramadhanti bersiap menghadang pengembalian. (Foto: PBSI)
Nasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Status juara Grup I ganda putri Mola TV PBSI Home Tournament menjadi milik pasangan Ribka Sugiarto/Siti Fadia Silva Ramadhanti. Bertanding di Pelatnas PBSI, Cipayung, Jakarta Timur, Kamis (16/7), Ribka/Fadia berhasil memetik kemenangan straight game atas Amallia Cahaya Pratiwi/Febriana Dwipuji Kusuma dengan skor 23-21 dan 21-13.

Datang sebagai unggulan pertama, Ribka/Fadia mendapatkan perlawanan sengit dari Amalia/Febriana, khususnya di game pertama. Adu setting pun tak terhindarkan. Namun Ribka/Fadia tampil lebih tenang dan mengamankan poin-poin kritis. Kematangan Ribka/Fadia semakin terlihat di game kedua. Mereka mampu mengambil alih kendali pertarungan dan membuat Amalia/Febriana kesulitan untuk mengembangkan permainannya.

“Di game pertama, kita masih menyesuaikan dengan permainan lawan. Mereka sudah tahu permainan kita karena sama-sama latihan bareng, jadi bagaimana caranya kita kontrol lawan duluan, nggak mau keserang duluan,” jelas Ribka Sugiarto dalam siaran pers PP PBSI yang diterima Djarumbadminton.com.

“Waktu ketinggalan di game pertama, kita lebih tenang. Saya bilang ke Fadia, main defense dulu, mereka juga bisa mati kok, kita kuatkan defense dulu, lawan malah melakukan kesalahan sendiri,” lanjutnya menambahkan.

Baik Ribka/Fadia maupun Amalia/Febriana berhak untuk lolos ke perempat final Mola TV PBSI Home Tournament karena di Grup I hanya dihuni dua pasangan. Kemenangan hari ini membuat Ribka/Fadia berhak atas titel juara grup, sedangkan Febriana/Amallia sebagai runner up di Grup I.

Babak perempat final akan dimainkan sore nanti mulai pukul 15.00 WIB. “Peluang tetap sama kuat karena lawannya teman sendiri. Seperti tadi tanding pertama langsung ramai. Jadi menurut saya peluangnya 50-50,” kata Siti Fadia Silva Ramadhanti.