(New Zealand Open) Anthony Pulang, Jonatan Menang

Ekspresi kekecewaan Anthony Sinisuka Ginting (Indonesia).
Ekspresi kekecewaan Anthony Sinisuka Ginting (Indonesia). (Foto: PBSI)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Beda hasil harus dialami dua pebulutangkis tunggal putra Indonesia pada babak perempat final New Zealand Open 2019 BWF World Tour Super 300. Bertanding di Eventfinda Stadium Auckland, Selandia Baru, Jumat (3/5), Jonatan Christie berhasil memetik kemenangan dan lolos ke semifinal, sedangkan Anthony Sinisuka Ginting terpaksa harus pulang.

Anthony tumbang setelah melalui pertarungan tiga game atas wakil Tiongkok, Lin Dan dengan skor 23-25, 21-6 dan 12-21. Meski berstatus unggulan pertama, namun Anthony harus mengakui keunggulan legenda bulutangkis asal Negeri Tirai Bambu itu. Anthony sendiri bukannya tampil tanpa perlawanan. pada game pertama, kedua pebulutangkis memperlihatkan pertarungan sengit. Aksi kejar-kejaran poin pun tersuguh hingga harus diakhiri dengan adu setting.

Di game kedua, Anthony langsung tancap gas dan unggul jauh dalam perolehan poin dengan skor 21-6. Sayang, pada game ketiga, penampilan Anthony cenderung menurun. Lin Dan yang syarat pengalaman terbukti mampu mengantisipasi pola permainan yang coba diterapkan Anthony.

Ini menjadi kekalahan ketiga bagi Anthony atas Lin Dan dari total lima kali pertemuan. Padahal pada dua pertandingan sebelumnya, di ajang China Open 2018 BWF World Tour Super 1000 dan Swiss Open 2019 BWF World Tour Super 300, Maret lalu, Anthony selalu memetik kemenangan.

Sementara itu, meski harus kehilangan Anthony, sektor tunggal putra Indonesia masih memiliki Jonatan Christie. Jonatan berhasil menembus babak semifinal New Zealand Open 2019 BWF World Tour Super 300 lewat kemenangan mudah 21-11 dan 21-9 atas wakil Tiongkok, Sun Feixiang dalam tempo 37 menit.

Selanjutnya, di babak empat besar New Zealand Open 2019 BWF World Tour Super 300, Jonatan akan berhadapan dengan tunggal putra Jepang, Kanta Tsuneyama. Jonatan punya catatan positif kala bersua Kanta dengan dua kali kemenangan. Terakhir bertemu di kejuaraan Korea Open 2018 BWF World Tour Super 500, Jonatan menang 21-18 dan 21-16.