Malaysia Masters 2023 - Asa di Tangan Jorji

Gregoria Mariska Tunjung (Humas PP PBSI)
Gregoria Mariska Tunjung (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Indonesia masih memiliki peluang untuk meraih satu gelar juara dari Malaysia Masters 2023. Satu-satunya peluang tersebut ada pada tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung, setelah dua wakil "Merah Putih" lainnya tersisih di babak empat besar, yaitu tunggal putra Christian Adinata yang mundur karena cedera lutut serta ganda putra Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin.

Tunggal putri Indonesia yang juga biasa disapa Jorji itu meraih tiket final berkat kemenangan atas unggulan keenam dari India, Pusarla V. Sindhu. Ia menang dua gim langsung 21-14, 21-17 dalam tempo 45 menit. Inilah final pertama Jorji di turnamen level BWF World Tour Super 500. Selain itu, Jorji juga mencatatkan kemenangan back-to-back atas Sindhu setelah kedua pemain bertemu di final Spain Masters 2023. Kala itu, Jorji menang dua gim langsung dengan skor identik 21-8, 21-8 dalam tempo 29 menit.

Ia akan menantang pebulu tangkis nomor satu dunia asal Jepang, Akane Yamaguchi. Partai puncak turnamen level BWF World Tour Super 500 yang akan kembali digelar di Axiata Arena, Kuala Lumpur ini, akan menjadi pertemuan ke-14 kedua pemain. Dalam 13 pertemuan, Yamaguchi telah mengoleksi 10 kemenangan.

"Lawan Yamaguchi besok, pasti juga tidak akan mudah. Dia sangat sulit dikalahkan, tapi saya mau melakukan yang terbaik," ujar atlet yang akrab disapa Jorji ini, melalui keterangan pers Humas PP PBSI, Sabtu (27/5).

Yamaguchi meraih tiket final berkat kemenangan atas wakil China, Han Yue. Ia menang straight games 21-10, 21-17.

Sementara, cedera lutut kiri menghentikan kejutan yang diberikan Christian Adinata pada Malaysia Masters 2023. Tunggal putra Indonesia itu mundur saat kedudukan 17-19 di gim pertama dalam laga semifinal melawan Prannoy H.S. di babak empat besar. Christian meninggalkan lapangan dengan kursi roda.

Kemudian ganda putra Indonesia Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin gagal meredam perlawanan pasangan tuan rumah Man Wei Chong/Kai Wun Tee. Unggulan kedelapan itu kalah 17-21, 20-22 dalam pertandingan berdurasi 46 menit.

Berikut rangkaian pertandingan final Malaysia Masters 2023, Minggu (28/5), yang dimulai pada pukul 13:00 waktu setempat atau 12:00 WIB:

Ganda Campuran
Feng Yan Zhe/Huang Dong Ping (China/4) vs. Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai (Thailand/2)

Tunggal Putri
Akane Yamaguchi (Jepang/1) vs. Gregoria Mariska Tunjung (7)

Ganda Putri
Baek Ha Na/Lee So Hee (Korea Selatan) vs. Pearly Tan/Thinaah Muralitharan (Malaysia/6)

Tunggal Putra
Prannoy H. S. (India) vs. Weng Hong Yang (China)

Ganda Putra
Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae (Korea Selatan) vs. Man Wei Chong/Kai Wun Tee (Malaysia)