Indonesia Masters 2023 - Rinov/Pitha ke Babak Kedua

Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (Djarum Badminton)
Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (Djarum Badminton)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari melangkah mulus ke babak 16 Indonesia Masters 2023. Bertanding di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Rabu (25/1), Rinov/Pitha lolos ke babak kedua seusai mengatasi perlawanan wakil Jepang, Hiroki Midorikawa/Natsu Saito, dengan skor 21-19, 21-14. Peraih titel kampiun Spain Masters 2021 itu sempat kesulitan beradaptasi di lapangan mengingat belum terbiasa yang banyak angin.

Pasangan tuan rumah itu akhirnya mampu keluar dari tekanan untuk bisa menang dalam tempo 40 menit atas wakil negeri matahari terbit tersebut. "Hari ini kami masih beradaptasi dengan kondisi lapangan dua. Memang saat latihan kami mencoba belum terlalu banyak angin. Jadi sempat kesulitan dengan hal tersebut," kata Pitha.

"Sejauh ini kami sudah mulai bisa mengontrol diri terlebih juga dibantu oleh Rinov dalam setiap pertandingan," tambahnya.

Sementara, Rinov mengaku sudah mengenal karakter Hiroki/Natsu, pasangan peraih medali perunggu SEA Games 2021, Pertemuan terakhir kedua pasangan tercatat terjadi pada perempat final Korea Open 2022.

Saat itu pada ajang BWF World Tour Super 500, Rinov/Pitha meraih kemenangan dengan skor 15-21, 21-18, 21-16 atas wakil negeri matahari terbit tersebut. Tidak heran di laga ini Rinov/Pitha mampu menerapkan strategi yang diinginkan untuk bisa meraih kemenangan dan lolos babak 16 besar. "Kami sudah tahu karakter lawan, jadi satu sama lain kami sudah mengenali permainan mereka," ujar Rinov.

"Pada laga ini kami melihat pemain putranya bermain sangat ulet, jadi kami tinggal menyesuaikan hal tersebut," Rinov, menambahkan.

Dengan hasil ini, Rinov/Pitha akan berhadapan dengan Feng Yan Zhe/Huang Dong Ping asal China.

Menghadapi laga berat di babak berikutnya, ganda campuran rangking sembilan dunia itu mengaku akan menjaga fokus dan mempersiapkan mental untuk bisa terus melaju jauh di turnamen BWF World Tour Super 500 itu. "Pada babak berikutnya kami menghadapi lawan yang lebih tangguh lagi. Kami harus mempersiapkan kondisi dan mental agar lebih baik lagi," demikian Rinov.