Indonesia Masters 2023 - Jafar/Aisyah Terus Melaju

Jafar Hidayatullah/Aisyah Salsabila Putri Pranata (Humas PP PBSI))
Jafar Hidayatullah/Aisyah Salsabila Putri Pranata (Humas PP PBSI))
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Langkah ganda campuran Jafar Hidayatullah/Aisyah Salsabila Putri Pranata belum terhenti pada turnamen bulu tangkis Indonesia Masters 2023. Pasangan peringkat 82 dunia itu lolos ke babak 16 besar seusai mengalahkan Rihan Kapoor/Reddy Sikki. Dalam pertandingan di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Rabu (25/1) malam, Jafar/Aisyah tampil solid. Lewat pertarungan rubber game, wakil tuan rumah ini sukses mengatasi pasangan India itu dengan skor 12-21, 23-21, 21-16.

Pada pertandingan babak utama turnamen berhadiah total 420 ribu dolar AS ini, Jafar/Aisyah mengaku tertekan oleh wakil India yang berada di rangking 65 dunia itu. Saat ditekan, Jafar/Aisyah terlihat gagal bangkit dan akhirnya takluk dengan skor 12-21.

Pada di dua gim berikutnya, Jafar/Aisyah bisa bangkit. Mereka akhirnya bisa meraih tiket babak kedua turnamen BWF World Tour Series 500 itu setelah menang atas Rihan/Reddy dengan 23-21 dan 21-16. "Kami ditekan lawan pada gim pertama, sehingga tidak begitu bisa mengembangkan permainan. Alhasil kami tertinggal," ungkap Jafar, melalui siaran pers Humas PP PBSI.

Berkat kemenangan ini, Jafar/Aisyah akan menantang Tan Kian Meng/Lai Pei Jing dari Malaysia yang sebelumnya mengalahkan Jones Ralfy Jansen/Linda Elfer (Jerman), 21-10, 21-10.

Jafar/Aisyah sendiri mengaku siap berhadapan dengan wakil Negeri Jiran yang berada di ranhking enam dunia itu. Selain di turnamen Indonesia Masters 2023 menjadi unggulan kedua, Tan/Lai dinilai juga punya banyak pengalaman dan hal itu sangat penting untuk perkembangan karier Jafar/Aisyah. "Dari awal kami memang ingin menghadapi Tan/Lai. Dari segi pengalaman mereka sangat berpengalaman dan itu sangat bagus untuk kami," Jafar, menjelaskan.

Dengan hasil ini, wakil Indonesia dari sektor ganda campuran yang maju ke babak kedua bertambah. Sebelumnya ada Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas dan Dejan Gloria Emanuelle Widjaja yang lebih dulu lolos. Rinov/Pitha maju ke babak 16 besar seusai mengalahkan wakil Jepang, Hiroki Midorikawa/Natsu Saito dengan skor 21-19, 21-14. Sementara, Dejan/Gloria sukses mengalahkan wakil Hong Kong, Tang Chun Man/Tse Ying Sue straight games 21-17, 21-16.

Namun, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati, Zachariah Josiahno Sumanti/Hediana Julimarbela, serta Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, tertahan langkahnya.

Rehan/Lisa takluk di tangan Kyohei Yamashita/Naru Shinoya dari Jepang, 16-21, 18-21, sedangkan Zachariah/Julimarbela kalah dari ganda campuran Inggris, Gregory Mairs/Jenny Moore, 15-21, 16-21. Praveen/Melati harus mengakui keunggulan wakil negeri tirai bambu, Feng Yan Zhe/Huang Dong Ping, dengan skor 17-21, 13-21.