An Se Young jadi Pemain Termuda di Olimpiade 2020

An Se Young (Korea) mengembalikan shuttlecock.
An Se Young (Korea) mengembalikan shuttlecock.
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Pebulutangkis tunggal putri asal Korea, An Se Young tercatat sebagai pemain termuda yang bakal ambil bagian pada ajang Olimpiade Tokyo 2020 nanti. Saat ini, Se Young masih berusia 19 tahun. Meski masih tergolong muda, tapi pemain kelahiran Gwangju, 5 Februari 2002 itu sudah menjadi ujung tombak tunggal putri Negeri Ginseng dan menempati ranking delapan dunia.

Se Young sudah memiliki sejumlah catatan prestasi gemilang begitu terjun di level senior. Sejak 2019 lalu, dia tercatat berhasil mengantongi lima gelar juara. Salah satu pencapaian hebatnya terjadi pada kejuaraan French Open 2019 BWF World Tour Super 750. Dia sukses merebut podium tertinggi saat usianya masih menginjak 17 tahun. Pencapaian tersebut otomatis menjadikan dirinya sebagai juara termuda dalam sejarah turnamen level Super 750.

Pada Olimpiade Tokyo 2020 nanti, Se Young menempati unggulan ketujuh dan tergabung di dalam Grup C. Dia akan bersaing dengan wakil Spanyol, Clara Azurmendi dan Dorcas Ajoke Adesokan dari Nigeria.

Selain Se Young, pemain termuda kedua jatuh kepada tunggal putra Kanada, Brian Yang. Usianya juga masih 19 tahun. Tapi Yang tercatat sedikit lebih tua dari Se Young karena lahir pada 25 November 2001. Secara prestasi, Brian Yang tidak terlalu menonjol. Dia bahkan berada di peringkat ke-44 dunia.

Tapi pada ajang XXVI Pan Am Individual Championships 2021, April lalu, dia berhasil keluar sebagai kampiun setelah mengalahkan seniornya, Jason Anthony Ho Shue.

Sementara itu, pebulutangkis ganda putra India, Satwiksairaj Rankireddy menjadi pemain termuda ketiga setelah Se Young dan Brian Yang. Rankireddy juga tercatat sebagai pemain muda yang punya pencapaian hebat. Di usianya yang ke-20, Rankireddy mampu menjadi ganda putra nomor sepuluh dunia berpasangan dengan Chirag Shetty. Pemain kelahiran 13 Agustus 2000 itu pun menjadi ganda putra terbaik yang dimiliki India saat ini.