Yoppy Rosimin: Leo ‘Barang Langka’

Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin (PB Djarum Kudus) saat menjuarai World Junior Championships 2019.
Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin (PB Djarum Kudus) saat menjuarai World Junior Championships 2019. (Foto: PBSI)
Nasional ‐ Created by Bimo Tegar

Magelang | Prestasi cemerlang nan gemilang mampu dicatatkan pebulutangkis spesialis ganda asal PB Djarum Kudus, Leo Rolly Carnando sepanjang 2018 dan 2019. Selama berkarir di level junior, Leo sukses menyabet empat medali emas bergengsi dari ajang Asia Junior Championships dan World Junior Championships. Tidak sampai disitu, Leo juga menjadi salah satu aktor keberhasilan tim beregu campuran Indonesia dalam merebut Piala Suhandinata untuk pertama kalinya ke Bumi Ibu Pertiwi.

Pada 2018 lalu, bersama Indah Cahya Sari Jamil di sektor ganda campuran, Leo sukses menyabet titel Juara Dunia Junior di Toronto, Kanada. Tahun ini, di ajang Asia Junior Championships 2019 yang berlangsung di Suzhou, Tiongkok, Leo bahkan berhasil meraih dua medali emas sekaligus dari nomor ganda campuran bersama Indah dan ganda putra bersama Daniel Marthin.

Kesuksesan Leo/Daniel masih terus berlanjut hingga ajang World Junior Championships 2019 di Kazan, Rusia, pekan kemarin. Ganda putra binaan PB Djarum Kudus ini sukses mengibarkan bendera merah putih dan mengumandangkan lagu Indonesia Raya setelah menyabet titel Juara Dunia Junior 2019.

Atas raihan manis inipun Leo mendapat sorotan dan pujian dari Direktur Program Bakti Olahraga Djarum Foundation, Yoppy Rosimin. Yoppy mengatakan bila Leo adalah salah satu hasil dan bukti pembinaan yang dilakukan PB Djarum.

“Pastinya kita sangat senang dan bangga atas apa yang sudah berhasil diraih Leo selama berjuang di level Junior. Itu sangat bagus. Leo ini barang langka yang harus dijaga dan diteruskan regenerasinya. Semoga selalu ada Leo Leo berikutnya untuk mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia,” ungkap Yoppy Rosimin kepada Djarumbadminton.com.

“Dengan pencapaian manis dari Leo ini semoga bisa diikuti sektor-sektor lainnya. Karena saya pribadi masih penasaran dengan sektor tunggal. Pokoknya kita akan kejar terus sampai dapat. Itulah bukti dan hasil dari pembinaan atlet sejak usia dini,” lanjutnya menambahkan.

Sementara itu, meski sudah sukses menyapu bersih gelar perorangan di level Asia Junior dan World Junior, Leo Rolly Carnando mengaku masih belum puas atas apa yang sudah berhasil capainya hingga saat ini. Sebab menurutnya, pencapaian ini tidak terasa lengkap karena belum menjuarai Asia Junior Championships di nomor beregu. “Sayangnya saya belum dapat juara beregu di Asia Junior Championships. Tinggal itu saja,” kata Leo kepada Djarumbadminton.com.

“Gelar di junior ini belum apa-apa. Ini baru permulaan, yang penting nanti di level seniornya. Jadi saya harus lebih baik lagi dan nggak boleh cepat puas dengan pencapaian ini,” pungkas Leo.