Melati Cs Akan Lebaran di Pelatnas PBSI

Melati Daeva Oktavianti (Indonesia).
Melati Daeva Oktavianti (Indonesia).
Nasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Jelang Hari Raya Idul Fitri 1441 H, para pebulutangkis tim nasional Indonesia akan berlebaran di Pelatnas PBSI. Hal tersebut diumumkan Pengurus Pusat PBSI melalui siaran pers yang diterbitkan, Kamis (14/5). Artinya, Melati Daeva Oktavianti cs akan tetap menjalani masa karantina tertutup di Pelatnas PBSI Cipayung, Jakarta Timur.

Kebijakan tersebut dikatakan Sekretaris Jenderal PP PBSI, Achmad Budiharto demi menjaga kesehatan dan keselamatan para atlet di tengah pandemi COVID-19. Kendati demikian, PBSI membolehkan kepada keluarga para atlet untuk berkunjung ke Pelatnas saat Hari Raya secara terbatas sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku di PBSI.

Kegiatan kunjungan keluarga ini akan dijadwalkan dan dikoordinasikan lewat Bidang Pembinaan Prestasi (Binpres) serta tim Dokter PBSI. Selain itu, PBSI juga akan mendiskusikan pelaksanaan teknis shalat Idul Fitri di Pelatnas. Seandainya memungkinkan untuk dilaksanakan, kegiatan ini juga harus mengacu pada protokol keselamatan dari pemerintah.

“Selama masa libur lebaran, atlet tetap harus berada di Pelatnas dan masih belum boleh meninggalkan Pelatnas. PBSI akan tetap memfasilitasi kebutuhan mereka di Pelatnas, termasuk kebutuhan makanan dan latihan, akan diatur dan dikontrol bagian-bagian terkait, ujar Achmad Budiharto dilansir Badmintonindonesia.org.

PP PBSI telah merencanakan untuk kembali beraktivitas secara normal pada 2 Juni mendatang. Rencana ini akan disesuaikan kembali dengan keputusan pemerintah terkait masa berlaku Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Demi memastikan kawasan Pelatnas bebas virus, PBSI akan kembali melaksanakan tes rapid ketiga pada 27 hingga 29 Mei mendatang. Sebelumnya PBSI telah melakukan tes rapid pertama pada 25 Maret dan yang kedua pada 24 April. Dari dua kali tes rapid tersebut, seluruh atlet Pelatnas PBSI dinyatakan negatif.

Pada tes rapid ketiga nanti, seluruh staff dan karyawan PBSI juga akan diperiksa sebelum nantinya kembali bekerja di lingkungan pelatnas dengan jadwal normal. “Kita ingin memastikan kawasan Pelatnas PBSI bebas COVID-19, jadi semua akan ditest termasuk staff dan karyawan, sekaligus membantu pemerintah untuk memantau dan membatasi perkembangan COVID-19, tuturnya.

Para atlet pelatnas hingga saat ini masih menjalani program latihan khusus selama masa pandemi yang bertujuan untuk menjaga kebugaran tubuh dan menjaga agar feeling bermain tidak hilang.