Liliyana Natsir Susul Susy Susanti

Liliyana Natsir (Djarum Badminton)
Liliyana Natsir (Djarum Badminton)
Nasional ‐ Created by EL

Jakarta | Liliyana Natsir telah mengharumkan nama bangsa melalui bulu tangkis. Banyak gelar juara bergengsi diraih atlet spesialis ganda yang akrab disapa Butet ini, di antaranya tiga titel juara berturut-turut di All England bersama Tontowi Ahmad, medali emas Olimpiade Rio 2016, dan empat gelar juara dunia. Butet pun menjadi orang Indonesia ke-10 yang masuk dalam daftar penerima penghargaan elite BWF Hall of Fame.

Adapun sembilan pebulu tangkis legendaris Indonesia yang sudah masuk BWF Hall of Fame terlebih dahulu adalah, Rudy Hartono, Dick Sudirman, Christian Hadinata, Liem Swie King, Susy Susanti, Tjun Tjun, Johan Wahjudi, Rexy Mainaky, dan Ricky Subagja.

Butet pun tercatat sebagai perempuan Indonesia kedua yang meraih penghargaan dari induk organisasi olahraga bulu tangkis dunia ini, setelah Susy, peraih medali emas Olimpiade Barcelona 1992.

Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) memberikan penghargaan Hall of Fame kepada Butet sebagai bentuk apresiasi atas prestasi besar yang diraih perempuan asal Manado, Sulawesi Utara, ini. Penyerahan penghargaan prestisius dari BWF itu digelar sebelum laga semifinal Indonesia Open 2022.

Dalam acara yang berlangsung di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (18/6) siang, Butet mengaku kaget saat mendapat anugerah bergengsi dari BWF.