Leo/Daniel Diminta Perbaiki Komunikasi

Ganda putra Indonesia, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin. (Foto: PP PBSI)
Ganda putra Indonesia, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin. (Foto: PP PBSI)
Nasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Ganda putra Indonesia, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin belum berhasil mencapai podium tertinggi di ajang Spain Masters 2021 BWF World Tour Super 300, pekan kemarin. Datang dengan status unggulan kedua turnamen, pasangan nomor 39 dunia itu harus puas finis di fase delapan besar. Asisten Pelatih Ganda Putra Indonesia, Aryono Miranat menyoroti faktor komunikasi anak asuhnya itu.

Menurut Aryono, komunikasi yang belum berjalan dengan sempurna menjadi salah satu penyebab kegagalan Leo/Daniel di Spain Masters 2021 BWF World Tour Super 300. “Faktor komunikasi mereka harus diperbaiki. Karena komunikasi yang tidak lancar, membuat perputaran dalam permainan juga terganggu,” kata Aryono Miranat dalam siaran pers PP PBSI yang diterima Djarumbadminton.com.

“Contoh, bila bermain dengan bola lambat seperti di Spain Masters ini, bila Leo di belakang harus bisa rotasi cepat ke depan. Jadi Daniel yang punya power lebih besar bisa ke belakang. Ini yang masih kurang berjalan,” lanjut dia menambahkan.

Langkah Leo/Daniel harus terhenti di babak perempat final Spain Masters 2021 BWF World Tour Super 300. Saat itu, mereka kalah dari pasangan Skotlandia/Denmark, Adam Hall/Frederik Søgaard dengan skor 18-21, 21-17 dan 22-24. Aryono pun kemudian memberikan analisis terkait penampilan Leo/Daniel di pertandingan itu.

“Leo/Daniel sebenarnya main sudah bagus. Tetapi lawannya juga bermain baik. Hanya Leo/Daniel lebih banyak kena serang dan pertahanannya kurang rapat. Juga kurang bisa mengatur tempo dan terlalu terburu-buru. Di poin-poin akhir game ketiga, saat terjadi setting, permainan drive dan netnya tidak siap jadi terus didahului lawan,” jelasnya.

Meski begitu, Aryono sangat optimistis bila Leo/Daniel bisa segera memperbaiki kekurangan dan kelemahan mereka. “Mereka masih muda dan masih harus banyak belajar. Semoga di pertandingan berikutnya mereka bisa lebih baik,” tandasnya.