Axelsen Ajak Ihsan Maulana Mustofa ke Dubai

Ihsan Maulana Mustofa (Djarum Badminton)
Ihsan Maulana Mustofa (Djarum Badminton)
Nasional ‐ Created by EL

Jakarta | Atlet tunggal putra Ihsan Maulana Mustofa yang telah cukup lama tak terdengar kabarnya dari ajang turnamen bulu tangkis nasional, secara mengejutkan memutuskan untuk bergabung ke tim pelatihan Viktor Axelsen yang berpusat di Dubai, Uni Emirat Arab. Mantan penghuni pelatnas PBSI Cipayung itu menuturkan, keputusannya untuk hijrah ke Dubai didapat setelah mendapat permintaan langsung dari pebulu tangkis peringkat satu dunia itu, untuk menjadi pasangan berlatih selama kurang lebih tiga pekan.

"Habis dari sini (Kejuaraan Nasional 2022) selesai, saya langsung ke Dubai untuk latihan sama Viktor juga. Latihan di sana, bantu-bantu dia," kata Ihsan, dikutip dari Antara, Kamis (15/12).

Pebulu tangkis klub PB Djarum itu menuturkan, kepindahannya ke Dubai bukan bersifat permanen karena secara umum ia belum memiliki rencana untuk menghabiskan musim kompetisi 2023.

Namun, sebagai langkah awal, ia memenuhi undangan Axelsen yang secara pribadi menghubunginya dan meminta Ihsan membantu pebulu tangkis Denmark itu melakukan persiapan menghadapi kompetisi 2023 sebagai sparring partner bersama pebulu tangkis dunia lainnya. "Dia yang mengontak saya. Waktu zaman masih main sudah saling kenal dan berhubungan baik. Dia orangnya ramah juga. Waktu itu dia tanya kenapa saya tidak pernah muncul (di turnamen), saya jawab karena sudah banyak sakit dan tidak main," Ihsan, memaparkan.

Usai menanyakan kabar dan mengobrol soal pribadi, Axelsen pun menawarkan Ihsan untuk datang ke tim pelatihan di Dubai untuk bergabung. Tak butuh waktu lama bagi Ihsan untuk mengiyakan permintaan tersebut."Iya, di sana sekitar tiga mingguan, lah. Habis kejurnas langsung ke Dubai sampai Januari. Dia kan mau persiapan untuk Malaysia (Open). Menurut saya, Viktor masih kekurangan teman latihan. Makanya dia panggil saya, Loh Kean Yew (Singapura), dan lain lain," tuturnya.

Setidaknya ada dua pebulu tangkis lain yang akan bertolak ke Dubai, yakni juara dunia 2021 Loh Kean Yew dari Singapura dan Brian Yang dari Kanada.