Akhir Era Greysia/Apriyani

Greysia Polii/Apriyani Rahayu (Djarum Badminton)
Greysia Polii/Apriyani Rahayu (Djarum Badminton)
Nasional ‐ Created by EL

Jakarta | "Apriyani Rahayu and 'older sister' Greysia Polii: End of an era," demikian terpampang pada Olympics.com, menjelaskan jelang pengujung perjalanan ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu, peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020. Laman Olimpiade itu juga menyinggung keberhasilan Apriyani dalam meraih keping emas kedua SEA Games, yang kali ini bukan bersama Greysia melainkan dengan pasangan barunya Siti Fadia Silva Ramadhanti.

Greysia, 34 tahun, secara resmi belum mengumumkan rencana pensiun dari bulu tangkis. Namun, prioritasnya belakangan ini terlihat jelas, satu di antaranya adalah bisnis barunya meski tak jauh dari olahraga bulu tangkis.

Pada SEA Games Vietnam 2021, Apriyani/Fadia mencapai hasil yang menggembirakan, medali emas ganda putri pada nomor perorangan. Namun, ketika ditanya mengenai Greysia, Olympics.com menyebutkan jika Apriyani sangat merindukan kehadiran atlet berdarah Minahasa itu. "Bagi saya, Greysia sudah seperti kakak saya, pembimbing, dan motivator," katanya.

"Saya banyak belajar dan masih belajar dari dia," Apriyani, menambahkan.

Ketika tidak di Vietnam, Greysia tetap memantau pertandingan-pertandingan Apriyani/Fadia melalui layar kaca. Melalui akun media sosial Twitter, pada Minggu (22/5), Greysia menuliskan," Walaupun tidak semua pemain malaysia dan thailand kuat yang turun di sea games kali ini, seenggaknya prestasi ini bisa dijadikan modal percaya diri dan tetap rendah hati karena persaingan ganda putri dunia selalu ketat!".

Laman Olimpiade itu menyebutkan, perpaduan antara Greysia dan Apriyani merupakan suatu hal yang langka dalam bulu tangkis. Kemahiran dalam olahraga pukul bulu dan kepribadian mereka adalah kombinasi sempurna, baik di maupun luar lapangan, sejak kali pertama dipadukan pada tahun 2017.

Kini, Apriyani kembali memulai dari nol. Dan tidak mudah. Namun, Apriyani/Fadia telah memulai perjalanan mereka dengan hasil yang baik di pesta olahraga Asia Tenggara tersebut. "Perasaan saya terkait pergantian pasangan, sedih. Namun, dengan pasangan baru, saya berharap kita dapat terus bermain dengan baik dan mencapai lebih banyak lagi prestasi," pungkasnya.