(World Junior Championships) Target Empat Besar

Kekompakan tim beregu Indonesia usai sesi latihan.
Kekompakan tim beregu Indonesia usai sesi latihan. (Foto: PBSI)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Toronto | Tim beregu bulutangkis Indonesia akan melakoni laga perdananya di BWF World Junior Championships 2018, hari ini (5/11). Bertanding di Markham Pan Am Center, Ontario, skuad Garuda Muda akan berhadapan dengan Austria pada pukul 12 dan Makau pada pukul 19.00 waktu Kanada. Pasukan Indonesia harus mencuri dua kemenangan dari pertandingan ini bila ingin memenuhi target awal lolos ke semifinal sebagai juara Grup.

“Yang pasti kondisi anak-anak saat ini baik dan cukup siap. Itu yang paling utama. Untuk siapa saja yang akan diturunkan, nanti masih diskusi dulu dengan pelatih. Bukan meremehkan, tapi besok (malam ini-red) juga sepertinya akan ada pergantian pemain, karena kan main dua kali. Kami pengen coba kemampuan tim dan coba lapangan juga,” kata Manajer Tim Indonesia, Susy Susanti.

Selain melawan Austria dan Makau, Indonesia yang tergabung di dalam Grup H, juga akan berhadapan dengan Meksiko dan Inggris, yang akan berlangsung Selasa (6/11) dan Rabu (7/11) nanti. Bila melihat peluang di atas kertas, Susy optimis pasukan muda Indonesia bisa melaju tanpa kesulitan di fase grup.

“Untuk di grup sendiri kami optimis jadi juara. Kalau melihat kekuatan rasanya Indonesia masih di atas. Kami unggul di ganda putra, ganda putri dan ganda campuran. Tunggal putra juga cukup kuat. Mungkin tunggal putrinya yang sedikit di bawah. Berbeda dengan tahun lalu, yang tunggal putrinya menjadi kartu as kami,” jelasnya.

Meski optimis lolos ke semifinal BWF World Junior Championships 2018, namun Susy enggan jumawa dan berharap Ribka Sugiarto cs mampu memberikan hasil terbaik di setiap pertandingan yang dilaluinya. Memang tidak menutup kemungkinan skuad Garuda Muda bisa mencapai hasil maksimal. “Beregu target yang diharapkan bisa masuk semifinal. Indonesia saat ini jadi unggulan dua.  Mudah-mudahan kita bisa sampai sesuai dengan seeded, ke final. Tapi tetap fokus satu per satu dulu,” tandasnya.