(World Junior Championships) Loloskan Tiga Wakil

Selebrasi Ribka Sugiarto/Febriana Dwipuji Kusuma.
Selebrasi Ribka Sugiarto/Febriana Dwipuji Kusuma. (Foto: PBSI)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Toronto | Ribka Sugiarto/Febriana Dwipuji Kusuma menjadi wakil ganda putri Indonesia ketiga yang berhasil memastikan diri lolos ke babak empat BWF World Junior Championships 2018 usai mengalahkan wakil Hong Kong, Leung Sze Lok/Yeung Pui Lam dengan kemenangan 21-15 dan 21-18 pada pertandingan yang berlangsung di Markham Pan Am Center, Ontario, Kamis (15/11).

“Game pertama kita mainnya sudah benar dan lumayan enak. Tapi di game kedua kita banyak nggak sabar, ingin cepat-cepat matiin lawan mainnya. Ini yang masih harus kita perbaiki untuk pertandingan-pertandingan selanjutnya,” kata Ribka Sugiarto.

Senada dengan Ribka, hal serupa juga diungkapkan Febriana Dwipuji Kusuma yang mengaku harus memperbaiki penampilannya. Bukan cuma itu, Febriana juga menilai permainan lawan yang cukup gigih, bisa berbahaya bagi dirinya jika tidak lebih waspada. “Mereka pemain yang ulet dan bisa menggapai pengembalian-pengembalian yang kita lepaskan. Jadi kita mainnya harus lebih rapi. Tadi kita masih error, beberapa kali mati-mati sendiri,” jelas Febriana.

Lolos ke babak empat BWF World Junior Championships 2018, unggulan kedua ini akan berhadapan dengan pasangan ganda putri Taiwan, Li Zi Qing/Teng Chun Hsun. Ini akan menjadi pertemuan kedua bagi Ribka/Febriana dan Li/Teng. Pada perjumpaan sebelumnya di Blibli.com Badminton Asia U17 & U15 Junior Championships 2016, pasangan jebolan PB Djarum Kudus ini menang 21-18 dan 21-15. “Untuk besok, mainnya nothing to lose saja,” tandasnya.

Selain Ribka/Febriana, Putri Syaikah/Nita Violina Marwah dan Agatha Imanuela/Siti Fadia Silva Ramadhanti sudah lebih dulu memastikan tempat di babak 16 besar BWF World Junior Championships 2018. Putri/Nita menang mudah dari wakil Amerika Serikat, Mirabelle Huang/Amelia Lee dengan skor 21-17 dan 21-7. Pun demikian dengan Agatha/Fadia yang berhasil memupuskan harapan pasangan Republik Ceko, Lucie Krpatova/Katerina Zuzakova lewat kemenangan 21-15 dan 21-9. Hanya butuh waktu 23 menit bagi Agatha/Fadia untuk memulangkan Lucie/Katerina.

Dengan hasil ini, artinya perjuangan tiga pasangan ganda putri Indonesia masih belum terbendung di ajang BWF World Junior Championships 2018. Selanjutnya, Putri/Nita akan berhadapan dengan unggulan pertama asal Tiongkok, Liu Xuanxuan/Xia yuting. Sedangkan Agatha/Fadia akan ditantang wakil India, Aditi Bhatt/Tanisha Crasto.