(World Junior Championships) Bawa Pulang Perunggu

Selebrasi Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay saat berhasil menyumbangkan poin untuk Indonesia.
Selebrasi Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay saat berhasil menyumbangkan poin untuk Indonesia. (Foto: PBSI)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Toronto | Perjuangan tim beregu junior Indonesia di ajang BWF World Junior Championships 2018 harus terhenti di babak semifinal setelah dikalahkan Korea 1-3 pada pertandingan yang berlangsung di Markham Pan Am Center, Ontario, Sabtu (10/11). Dengan hasil ini, pasukan Garuda Muda harus puas membawa pulang medali perunggu untuk Indonesia.

Satu-satunya poin untuk Indonesia berhasil dipersembahkan Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay pada partai ketiga. Sebetulnya, kemenangan Ikhsan cukup menjadi angin segar bagi skuad muda Indonesia setelah harus tertinggal 0-2 lebih dulu. Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin dan Putri Kusuma Wardani yang turun di partai pembuka dan kedua, belum berhasil menyumbang poin untuk Merah Putih.

“Pastinya saya senang bisa sumbang poin untuk Indonesia. Sebenarnya di awal pertandingan sempat tegang juga karena Indonesia ketinggalan 0-2. Ibaratnya memikul beban teman-teman. Tapi saya tetap berpikir positif karena saya sebelumnya pernah mengalami hal seperti ini. Saya sudah tahu rasanya kalau menang sama kalah itu gimana. Jadi saya main nothing to lose aja tadi,” kata Ikhsan.

Sementara itu, kemenangan yang berhasil dipersembahkan Ikhsan tidak terulang di partai keempat yang mempertandingkan ganda putri melalui Ribka Sugiarto/Febriana Dwipuji Kusuma. Ribka/Febriana takluk dalam 46 menit dengan skor 19-21 dan 17-21 atas Jang Eun Seo/Lee Jung Hyun.

“Kami terburu-buru untuk menyelesaikan pertandingan. Tadi seperti ada beban juga karena penentuan. Padahal seharusnya kan nggak boleh seperti itu. Tapi memang saya akui saya banyak kepikiran takut kalah dan gimana dengan tim,” ungkap Ribka Sugiarto.

Selain Ribka, kekecewaanpun dirasakan Febriana Dwipuji Kusuma. “Tadi lawannya lumayan cepat, sedangkan kami banyak terburu-buru. Dari servisnya juga mereka bagus. Kecewa sebenarnya karena kami pengennya bisa menyumbang poin buat tim,” sambung Febriana.

Terimakasih atas perjuangannya, Indonesia!

 

Hasil Pertandingan Semifinal BWF World Junior Championships 2018

Indonesia 1 – 3 Korea:

  • (Ganda Putra) Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin vs Tae Yang Shin/Wang Chan: 1821, 21-16, 17-21
  • (Tunggal Putri) Putri Kusuma Wardani vs Park Ga Eun: 1821, 18-21
  • (Tunggal Putra) Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay vs Jeong Min U: 217, 21-14
  • (Ganda Putri) Ribka Sugiarto/Febriana Dwipuji Kusuma vs Jang Eun Seo/Lee Jung Hyun: 1921, 17-21
  • (Ganda Campuran) Rehan Naufal Kusharjanto/Siti Fadia Silva Ramadhanti vs Wang Chan/Jeong Na Eun (Tidak Bermain)