Thomas Cup 2022 - Aaron Chia Yakin, Malaysia Juara

Aaron Chia/Soh Wooi Yik (Humas PP PBSI)
Aaron Chia/Soh Wooi Yik (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Pemain ganda Malaysia Aaron Chia berpendapat, sudah saatnya tim nasional Malaysia memasang target juara Piala Thomas 2022. Ia menyebutkan, Malaysia punya skuad kuat untuk bertarung di kejuaraan beregu putra tersebut. Tiga ganda putra mereka berada di peringkat 15 teratas dunia, yakni Aaron Chia/Soh Wooi Yik di peringkat 8, Ong Yew Sin/Teo Ee Yi (11), dan Goh Sze Fei-Nur Izzuddin Rumsani (13).

Hanya Indonesia yang memiliki tiga pasangan di jajaran 10 ganda putra teratas dunia, jelang memasuki arena Piala Thomas 2022, di Bangkok, Thailand, 8-15 Mei.

"Ya, saya setuju bahwa kami kuat pada sektor ganda tahun ini. Secara umum, saya yakin kami memiliki skuad yang mampu merebut gelar juara pada tahun ini," ujar Aaron kepada New Strait Times, akhir pekan lalu.

"Namun, perlu dicatat bahwa Piala Thomas adalah kejuaraan beregu. Semua tergantung pada kekuatan bersama untuk memberikan yang terbaik di lapangan," Aaron, menambahkan.

Di lain sisi, Aaron juga mengakui bahwa jelang Piala Thomas 2022, sektor ganda Malaysia berada pada kondisi yang kurang baik. Namun, semua kekurangan tersebut bakal sirna jika tim putra Malaysia dapat mencapai performa puncak di Bangkok. "Pastinya, akan sangat baik jika kami dapat menjadi juara pada fase penyisihan grup. Tapi kembali lagi, perlu kemauan keras untuk keluar sebagai juara," katanya.

Sepekan silam, pelatih ganda putra Malaysia dari Indonesia, Flandy Limpelle, mundur dari Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia. Kabar tersebut tersiar setelah dua tahun Flandy mengasah para ganda putra Malaysia.

Apakah kepergian Flandy berimbas pada persiapan tim Thomas Malaysia, kepada media Malaysia tersebut Aaron berujar, "pelatih-pelatih akan datang dan pergi, tetapi kami tidak bisa tinggal diam terlampau lama. Kami belajar dari kebersamaan (dengan Flandy), lalu berjalan terus."