Swiss Open 2022 - Indonesia tanpa "Minions" dan Wakil Ganda Putri

Anthony Sinisuka Ginting (Djarum Badminton)
Anthony Sinisuka Ginting (Djarum Badminton)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Tim bulu tangkis Indonesia melanjutkan perjalanan ke Basel, Swiss, guna mengikuti Swiss Open 2022 yang berlangsung pada 22-27 Maret. Skuad "Merah Putih" turun tanpa wakil ganda putri setelah Apriyani Rahayu mengalami cedera pada pekan lalu di All England 2022. Selain itu, ganda putra Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon absen dari turnamen level BWF Super World Tour 300 ini.

Meski tanpa Apriyani serta pasangan berjuluk "Minions" itu, sebagian besar pemain yang diturunkan di All England akan terbang ke Swiss. Bahkan, ganda putra senior Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan tetap mengikuti turnamen ini, meski Ahsan mengalami cedera betis saat bermain di All England.

Berdasarkan jadwal pertandingan yang dimuat di laman Federasi Bulu Tangkis Dunia, pada babak pertama, dua pemain tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting --unggulan ketiga turnamen-- berhadapan dengan Shesar Hiren Rhustavito. Jonatan Christie berjumpa dengan Thomas Rouxel dari Prancis.

Pada sektor tunggal putri, Gregoria Mariska Tunjung akan bertemu unggulan keempat turnamen, Busan Ongbamrungphan (Thailand).

Duel sesama pemain Indonesia di babak awal juga terjadi pada nomor ganda putra, antara Ahsan/Hendra dan Leo Rully Carnando/Daniel Marthin.

Ganda putra juara All England 2022, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri, bertemu unggulan ketiga Satwijsairaj Rankireddy/Chirag Shetty dari India. Sementara, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto juga akan bertemu wakil India lainnya, M.R Arjun/Dhurv Kapila.

Ganda campuran Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati bertemu pasangan Malaysia, Hoo Pang Ron/Cheah Yee See. Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari melawan unggulan ketiga turnamen asal Inggris, Marcus Ellis/Lauren Smith.

Laga antar-pasangan Indonesia lainnya terjadi pada nomor ganda campuran yang mempertemukan Adnan Maulana/Mychelle Crhystine dengan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, unggulan kedua turnamen.

Selain itu, ada nama Chico Aura Dwi Wardoyo masuk dalam daftar kualifikasi Swiss Open 2022. Chico akan berhadapan dengan Ade Resky Dwicahyo, atlet kelahiran Kendari, Sulawesi Tenggara, yang kini menjadi wakil Azerbaijan di sektor tunggal putra.

Berikut hasil undian Swiss Open 2022:

Tunggal Putra
Anthony Sinisuka Ginting vs. Shesar Hiren Rhustavito
Jonatan Christie vs. Thomas Rouxel (Prancis)
Chico Aura Dwi Wardoyo vs. Ade Resky Dwicahyo (Azerbaijan)*

Tunggal Putri
Gregoria Mariska Tunjung vs. Busanan Ongbamrungphan (Thailand)

Ganda Putra
Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan vs. Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin
Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana vs. Satwisairaj Rankireddy/Chriag Shetty (India)
Pramudya Kusumawardana/Yeremiah Erich Yoche Yacob Rambitan vs. Keiichiro Matsui/Yoshinori Takeuchi (Jepang)
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs. M.R Arjun/Dhury Kapira (India)

Ganda Campuran
Akbar Bintang Cahyono/Marsheilla Gischa Islami vs. Alexander Dunn/Ciara Torrance (Skotlandia)
Rehan Naufal Kusharianto/Lisa Ayu Kusumawati vs. Hoo Pang Ron/Cheah Yee See (Malaysia)
Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari vs. Marcus Ellis/Lauren Smith (Inggris)
Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja vs. Jones Rafly Jansen/Linda Efler (Jerman)
Adnan Maulana/Mychelle Chrystine vs. Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti

(*) kualifikasi