SEA Games 2023 - Indonesia Juara Umum

Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan, Aryono Miranat, & Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana (Humas PP PBSI)
Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan, Aryono Miranat, & Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Indonesia keluar sebagai juara umum cabang olahraga bulu tangkis pada SEA Games 2023 Kamboja. Skuad bulu tangkis "Merah Putih" menyumbangkan lima medali emas, tiga medali perak, dan tiga medali perunggu. Lima keping emas masing-masing diraih beregu putra, ganda campuran Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati, ganda putri Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi, tunggal putra Christian Adinata, dan ganda putra Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan.

Sementara, medali perak diraih ganda putri Meilysa Trias Puspita Sari/Rachel Allessya Rose dan tunggal putra Chico Aura. Selain itu, medali perunggu diraih tunggal putri Komang Ayu Cahya Dewi dan Ester Nurumi Tri Wardoyo, serta ganda putra Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri.

Pram/Yere menjadi peraih medali emas terakhir dari cabang olahraga bulu tangkis, berkat kemenangan atas wakil Thailand, Peeratchai Sukphun/Pakkapon Teeraratsakul, dalam laga final, Selasa (16/5). Bertanding di Morodok Techo, Phnom Penh, Kamboja, pasangan berperingkat 32 dunia itu menang straight games 21-17, 21-19. "Kami sangat senang dengan raihan dua medali emas di SEA Games kali ini. Tahun lalu di beregu kami dapat perunggu dan perorangan dapat perak. Puji Tuhan bisa meningkat tahun ini," tanggap Yere, melalui keterangan pers Humas PP PBSI.

"Gelar ini penting bagi kami karena pascakembali dari cedera, kami kalah hampir selalu di babak-babak awal," tambahnya.

Hal hampir serupa juga dilontarkan Pramudya. Ia justru tak menyangka bisa merebut dua medali emas dari pesta olahraga Asia Tenggara edisi ke-32 ini. "Ini bukan semata perjuangan kami saja tapi juga perjuangan semua tim di balik layar. Terima kasih untuk dukungannya," ujarnya.

"Ini meningkatkan kepercayaan diri kami yang sempat ada pikiran-pikiran negatif pascacomeback. Semoga ini memotivasi kami untuk menjadi lebih baik lagi," demikian Pramudya.

Pada SEA Games 2021 Vietnam, Indonesia meraih enam medali di kategori perorangan dan dua medali di kategori beregu. Untuk kategori perorangan, enam medali yang diraih terdiri dari dua medali emas, satu perak, dan empat perunggu.