(Piala Sudirman) Denmark Andalkan Tiga Sektor

Mia Blichfeldt (kanan) saat melakukan pemanasan.
Mia Blichfeldt (kanan) saat melakukan pemanasan.
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Tergabung di dalam Grup B Piala Sudirman 2019 bersama dengan Indonesia dan Inggris, tim beregu campuran Denmark akan mengandalkan tiga sektor yang menjadi senjata pamungkasnya. Khusus menghadapi Indonesia, Denmark bakal memberikan tekanan dari sektor tunggal putra, ganda putra dan tunggal putri. Pertemuan antara Denmark dan Indonesia di babak penyisihan Grup B akan berlangsung pada Rabu (22/5) mendatang.

Dari sektor tunggal putri, Denmark punya Mia Blichfeldt yang menduduki peringkat 21 dunia. Mia sendiri berhasil memetik satu kemenangan dalam tiga pertemuan terakhir atas tunggal putri terbaik yang dimiliki Indonesia saat ini, Gregoria Mariska Tunjung saat bentrok di Singapore Open 2019 BWF World Tour Super 500, April lalu. Saat itu, Mia menang dalam pertarungan dua game langsung atas Gregoria dengan skor 21-16 dan 22-20.

“Saya semangat sekali ada di sini, ini Piala Sudirman kedua saya. Saya sudah di Denmark beberapa minggu ini, jadi saya punya banyak waktu persiapan bersama tim. Saya akan turun dengan mindset lakukan apapun yang saya bisa untuk memenangkan pertandingan dan dapat poin buat tim, support tim dan kita akan fight di semua pertandingan kita,” ujar Mia Blichfeldt .

“Kita ada di grup yang cukup berat bersama Inggris dan Indonesia, tapi kita punya peluang untuk jadi juara grup selagi kita bermain dengan kemampuan terbaik kita,” tambahnya dalam konfrensi pers, Sabtu (18/5).

Selain itu, ancaman Denmark untuk Indonesia juga hadir dari sektor tunggal putra. Pebulutangkis peringkat tiga dunia, Viktor Axelsen pastinya akan menjadi andalan. Walaupun pernah kalah dari tangan Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie, namun laga di nomor ini masih sulit diprediksi untuk mengetahui siapa yang akan menang dan menyumbang angka untuk timnya.

Axelsen punya catatan tiga kemenangan dan satu kekalahan atas Jonatan Christie dari empat pertemuan sebelumnya. Sedangkan Anthony unggul 2-1 dalam catatan pertemuan atas Axelsen. Artinya, baik Denmark maupun Indonesia sama-sama punya kans untuk mencuri satu poin kemenangan di sektor tunggal putra.

Sementara itu, pasangan ganda putra Denmark, Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen yang saat ini menduduki peringkat delapan dunia, siap untuk menahan gempuran Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang masing-masing duduk di peringkat satu, empat dan lima dunia.