(Korea Open) Rinov/Pitha Melesat ke Semifinal Untuk Pertama Kalinya

Selebrasi kemenangan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (Indonesia).
Selebrasi kemenangan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (Indonesia). (Foto: PBSI)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Ganda campuran Indonesia, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari berhasil melesat ke babak semifinal Korea Open 2019 BWF World Tour Super 500 setelah mampu menuntaskan perlawanan kontra pasangan Tiongkok, He Jiting/Du Yue dengan kemenangan 26-24, 22-24 dan 22-20 pada pertandingan yang berlangsung di Incheon Airport Skydome, Jumat (27/9). Rinov/Pitha menjadi wakil Indonesia pertama yang berhasil mengamankan satu tempat di babak empat besar.

Lewat duel yang berlangsung selama 74 menit itu, kedua pasangan memperlihatkan pertarungan yang sangat sengit dan ketat dari awal hingga akhir laga.

Di game pertama, Rinov/Mentari langsung berhasil mengimbangi permainan lawan. Memasuki awal game dua, pasangan Juara Dunia Junior 2017 ini sempat tertinggal 1-6. Mereka terus tertinggal jauh hingga 12-18. Rinov/Mentari sempat membuka peluang dengan menyamakan kedudukan menjadi 20-20. Tapi sayangnya mereka harus kalah 22-24 di game kedua.

“Di game kedua kita ketinggalan jauh dan akhirnya mencoba main nothing to lose. Tapi setelah bisa mengejar, malah kita terlalu nafsu untuk menang. Beruntung pas game ketiga kita bisa comeback, tampil lebih baik lagi,” kata Pitha Haningtyas Mentari usai pertandingan.

Rinov/Mentari langsung mengeluarkan permainan terbaiknya pada game penentu. Meski sempat tersusul, namun Rinov/Mentari akhirnya mampu mengunci kemenangan dengan skor 22-20. “Di game ketiga kita sempat leading jauh 14-8 tapi bisa kekejar jadi 15-15. Dari situ kita mencoba untuk lebih tenang dan ingat lagi apa yang kita lakukan kemarin. Hari ini kita bisa keluar dari tekanan,” jelasnya.

“Alhamdulillah rasanya senang banget bisa ke semifinal super 500 pertama kali selama berpasangan dengan Rinov. Untuk prestasi kita memang punya target tersendiri. Capaian ini juga untuk membuktikan kalau kita bisa,” sambungnya menambahkan.

Lolos ke babak semifinal untuk pertama kalinya di ajang Korea Open 2019 BWF World Tour Super 500, Rinov/Pitha akan berhadapan dengan unggulan empat asal Thailand, Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai. Ini akan menjadi duel kedua bagi Rinov/Pitha dan Puavaranukroh/Taerattanachai. Sebelumnya, saat saling bentrok di German Open 2019 BWF World Tour Super 300, Februari lalu, Rinov/Pitha kalah dengan skor 12-21 dan 16-21.

Lebih lanjut Pitha mengatakan bila dirinya bertekad untuk tampil maksimal dan membalas kekalahan sebelumnya. “Besok pastinya nggak mudah. Hari ini saja kita bisa menang setelah 70 menit lebih main. Besok berusaha buat konsisten dan jangan sampai hilang fokus. Pertemuan terakhir kita kalah, tapi besok kita ingin memberikan yang terbaik. Karena semua pemain kan sebenarnya nggak ada yang mau kalah,” tutupnya.