(Japan Open) Fajar/Rian Menang Mudah

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (Indonesia) mengembalikan shuttlecock.
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (Indonesia) mengembalikan shuttlecock. (Foto: PBSI)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto memastikan satu tempat di babak 16 besar Japan Open 2019 BWF World Tour Super 750 setelah memetik kemenangan mudah atas ganda putra Taiwan, Lu Ching Yao/Yang Po Han. Bertanding di Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo, Selasa (23/7), Fajar/Rian menang 21-10 dan 21-13, dalam pertarungan yang berlangsung selama 30 menit itu.

“Lawan tidak bermain maksimal hari ini, jadi kita manfaatkan kesempatan ini dan jangan membuat kesalahan sendiri,” kata Fajar Alfian.

Lebih lanjut Fajar mengatakan, hasil kurang memuaskan yang didapatkannya pada kejuaraan Blibli Indonesia Open 2019 BWF World Tour Super 1000, pekan lalu, menjadi pembelajaran berharga untuk kedepannya bisa tampil lebih baik dan konsisten.

“Positive thinking saja, kita sekarang fokusnya ke turnamen ini. kita berharap bisa tampil konsisten, jangan sekarang bagus, besoknya blank dan underperform, harus dijaga kestabilannya,” ungkapnya.

Ganda putra peringkat enam dunia ini mengaku bisa bermain lebih sabar ketika tampil di luar Indonesia. “Bedanya dengan di Istora, di pertandingan ini hawanya sangat berbeda. Di sini stadionnya sunyi. Kalau di Istora kan gemuruh sekali, kadang ada pengaruhnya juga ke kita, kadang jadi terbawa ingin buru-buru menyerang. Kalau di sini mainnya lebih sabar dan taktis, karena shuttlecock yang dipakai kencang, padahal kita sudah siap kalau shuttlecock-nya berat,” jelasnya.

Dengan kemenangan ini, Fajar/Rian otomatis lolos ke babak dua Japan Open 2019 BWF World Tour Super 750. Selanjutnya, Fajar/Rian akan berhadapan dengan ganda putra senior asal Korea, Ko Sung Hyun/Shin Baek Cheol. Ini akan menjadi pertemuan ketiga bagi kedua pasangan. Sebelumnya di ajang All England 2019 BWF World Tour Super 1000, Fajar/Rian menang atas Ko/Shin dengan skor 23-21 dan 21-14.

“Ko/Shin pengalamannya banyak dan mereka baru juara juga di Australia Open 2019, jadi percaya diri mereka meningkat. Mereka pemain yang punya serangan kencang, mereka juga tidak mudah dimatikan. Jadi kita harus benar-benar bermain fokus besok,” tandasnya.

Sementara itu, di hari pertama pelaksanaan Japan Open 2019 BWF World Tour Super 750, Indonesia telah berhasil meloloskan enam wakilnya ke babak 16 besar. Selain Fajar/Rian, ada Gregoria Mariska Tunjung, Anthony Sinisuka Ginting, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja, Greysia Polii/Apriyani Rahayu, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti dan Tommy Sugiarto yang sama-sama melaju ke babak dua.

Sedangkan pasangan Yulfira Barkah/Jauza Fadhila Sugiarto, Tontowi Ahmad/Winny Oktavina Kandow, Della Destiara Haris/Rizki Amelia Pradipta dan Berry Angriawan/Hardianto harus tersingkir di babak pertama.