Indonesia Masters 2023 - "Minions" ke Babak Kedua

Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon (Djarum Badminton)
Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon (Djarum Badminton)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Ganda putra Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo sukses merebut tiket ke babak kedua. Mereka berhasil melewati hadangan wakil Korea Selatan, Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae di babak 32 besar turnamen bulutangkis Indonesia Masters 2023. Bertanding di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa (24/1), Kevin/Marcus menang dua gim langsung dengan skor 21-17, 21-12 atas ganda putra Negeri Ginseng tersebut.

Pada laga ini, pasangan berjuluk "Minions" itu tampil taktis menghadapi ganda Korea Selatan tersebut. Kevin/Marcus langsung "tancap gas" pada gim pertama dengan unggul 11-9 pada pertengahan babak. Pascajeda, andalan tuan rumah ini tampil trengginas untuk mengambil keunggulan atas Kang/Seo dengan skor 21-17.

Pada gim kedua, Kevin/Marcus sempat di atas angin saat mampu unggul dengan skor 11-9. Namun, setelah jeda, wakil negeri ginseng itu mulai bangkit dengan memperkecil kedudukan menjadi 11-12 atas Kevin/Marcus.

Seusai memperkecil kedudukan, Kevin/Marcus kembali ke performa terbaik untuk akhirnya mengakhiri perlawanan juara Korea Open 2022 itu dengan skor 21-12. "Bersyukur kami bisa melewati hari ini dengan meraih kemenangan. Rasanya senang bisa menang melawan mereka yang tidak mudah untuk dikalahkan," ungkap Kevin, melalui siaran pers Humas PP PBSI.

"Kami melawan pasangan nomor satu Korea, kami mempersiapkan fisik dan mental menghadapi laga hari ini," timpal Marcus.

Dengan kemenangan ini, Kevin/Marcus melangkah ke babak 16 besar dan akan bertemu pemenang pertandingan antara Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi (China) vs Rasmus Kjaer/Frederik Sogaard (Denmark) yang akan berlangsung pada Rabu (25/1).

Menghadapi babak kedua turnamen BWF World Tour Super 500 itu, pasangan berperingkat 18 dunia itu bertekad menampilkan permainan terbaik untuk bisa meraih gelar juara. Maklum, setelah mengalami periode sulit turun dari peringkat pertama, runner up Denmark Terbuka 2022 itu perlahan mencoba bangkit dari keterpurukan. "Saya memiliki target untuk bisa bermain sebaik mungkin di setiap pertandingannya," ujar Kevin.

"Kami akan melakukan diskusi kembali dengan pelatih dan melihat video review untuk mempersiapkan pertandingan di babak berikutnya," Marcus, menambahkan.

Dengan hasil ini, Kevin/Marcus berhasil revans terhadap Kang/Seo seusai di pertemuan terakhir pada Indonesia Terbuka 2022 takluk pada babak 16 besar. Saat itu peraih medali emas Asian Games 2018 itu takluk dua gim langsung dalam tempo 34 menit dengan skor 14-21, 12-21 dari pasangan berperingkat 13 dunia tersebut.