Indonesia Masters 2023 - Chico Singkirkan Juara Dunia 2021

Loh Kean Yew & Chico Aura Dwi Wardoyo (Djarum Badminton)
Loh Kean Yew & Chico Aura Dwi Wardoyo (Djarum Badminton)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Pemain tunggal putra Indonesia Chico Aura Dwi Wardoyo membuat kejutan dengan mengalahkan juara dunia 2021 asal Singapura, Loh Kean Yew, di babak 16 besar turnamen bulu tangkis Indonesia Masters 2023. Bertanding di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (26/1), Chico menang atas Loh dengan skor 21-18, 21-15.

Pada pertandingan ini, juara Malaysia Masters 2022 itu mengaku bermain dengan tenang melawan tunggal putra yang menempati peringkat delapan dunia itu. Dengan strategi bermain seperti itu, tunggal putra kelahiran Jayapura, 15 Juni 1998 itu mampu meraih kemenangan atas Loh.

"Pada awal pertandingan, saya mencoba mengontrol permainan lawan. Terbukti di gim pertama dan kedua bermain dengan tenang," ungkap runner-up Spain Masters 2021 itu, dalam siaran pers Humas PP PBSI.

Selama tampil di turnamen BWF World Tour Super 500 itu, Chico mengaku ingin menikmati setiap pertandingannya, lantaran  tampil di hadapan publik Istora. Dengan dukungan ribuan penggemar bulu tangkis yang hadir, Chico mengaku termotivasi sehingga ingin bermain dengan baik saat di atas lapangan. "Dukungan suporter di Istora membuat saya bersemangat. Saya melihat penonton di sini membuat saya lebih bermain dengan tenang," Chico, menjelaskan.

Dengan hasil ini, Chico melaju ke babak delapan besar dan akan berhadapan dengan tunggal putra Kanada, Brian Yang. Pebulu tangkis berperingkat 30 dunia itu meraih tiket perempat final seusai mengalahkan Kenta Nishimoto dari Jepang dengan skor 21-13, 10-21, 21-18. "Menghadapi babak berikutnya saya sekarang mau fokus pemulihan fisik dan mental terlebih dahulu," tanggap Chico.

"Melihat calon lawan di laga berikutnya saya rasa dia punya pukulan yang baik. Peluangnya 50:50 saya rasa," pungkasnya.

Dengan hasil ini, Indonesia tercatat mengirimkan dua wakilnya dari sektor tunggal putra. Selain Chico, Jonatan Christie juga memastikan diri tampil di perempat final seusai mengalahkan rekan satu negaranya, Shesar Hiren Rhustavito, dengan skor 21-16, 21-15.

Namun, langkah Jojo dan Chico tidak diikuti oleh Anthony Sinisuka Ginting. Pemain asal Cimahi itu menyerah di tangan wakil China, Shi Yu Qi lewat permainan ketat rubber game 17-21, 21-17, 12-21.