(Badminton Asia Championships) Rizki/Della Melesat ke Semifinal

Rizki Amelia Pradipta/Della Destiara Haris (Indonesia) mengembalikan shuttlecock.
Rizki Amelia Pradipta/Della Destiara Haris (Indonesia) mengembalikan shuttlecock. (Foto: PBSI)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Pasangan ganda putri Indonesia, Rizki Amelia Pradipta/Della Destiara Haris melesat ke babak semifinal Badminton Asia Championships 2019 melalui kemenangan dua game langsung atas wakil Taiwan, Chang Ching Hui/Yang Ching Tun. Bertanding di Wuhan Sport Center, Tiongkok, Jumat (26/4), Rizki/Della menang dengan skor 21-12 dan 21-18.

Ganda putri asuhan PB Jaya Raya Jakarta ini tampil apik sejak awal hingga akhir pertarungan. Rizki/Della bisa langsung mengambil alih kendali pertandingan dan membuat Chang/Yang tak dapat mengembangkan permainannya.

“Memang pasangan Taiwan ini tipe mainnya seperti itu, tidak mudah dimatikan, pertahanannya cukup rapat. Tadi banyak reli-reli panjang. Pada game pertama, mereka kalau diserang bisa langsung tembus, tapi di game kedua mereka lebih siap,” jelas Della Destiara Haris mengenai pertandingan.

“Hari ini bisa menang dua game langsung, karena kita lebih siap dari lawan,” komentar Rizki Amelia Pradipta menambahkan.

Melaju ke babak empat besar Badminton Asia Championships 2019, Rizki/Della akan berhadapan dengan unggulan empat asal Tiongkok, Chen Qingchen/Jia Yifan yang menang 18-21, 21-16 dan 21-13 atas wakil Korea, Lee So Hee/Shin Seung Chan.

Meski secara ranking Rizki/Della berada di bawah Chen/Jia, namun pasangan Indonesia ini tercatat belum pernah sekalipun dikalahkan dari ganda putri peringkat empat dunia itu. Dari tiga pertemuan sebelumnya, Rizki/Della selalu memetik kemenangan atas Chen/Jia. Terakhir bertemu di ajang Badminton Asia Championships 2018 lalu, Rizki/Della menang 21-16 dan 21-14.

“Mau ketemu siapa saja pun sama, yang penting dari kita harus lebih siap. Kita sudah setahun nggak pernah ketemu Chen/Jia. Sekarang Chen/Jia sedang naik lagi performanya, artinya kita tetap harus waspada,” kata Rizki.

“Iya sudah lama nggak ketemu Chen/Jia, kita belum tahu permainan mereka yang sekarang. Mau ketemu siapa saja sama, harus siap,” sambung Della.