BAC 2023 - Harapan Tertumpu pada Ginting

Anthony Sinisuka Ginting (Humas PP PBSI)
Anthony Sinisuka Ginting (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Rangkaian pertandingan final Badminton Asia Championship (BAC) 2023 berlangsung pada Minggu (30/4) di Sheikh Rashid Bin Hamdan Indoor Hall, Al Nasr Club, Dubai, Uni Emirat Arab. Indonesia hanya berpeluang meraih satu gelar juara dari kejuaraan bulu tangkis yang setara dengan turnamen BWF Super 1000 ini. Satu-satunya peluang tersebut ada pada tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting, yang akan bertarung melawan wakil Singapura, Loh Kean Yew.

Dalam rekor pertemuan kedua pemain, Anthony masih unggul dengan tiga kemenangan dalam lima pertandingan. Perjumpaan terakhir mereka terjadi pada BWF World Tour Finals 2022 yang dimenangkan oleh Loh. "Senang bisa ke final, karena ini pertama kali di Kejuaraan Asia. Untuk final, saya mau fokus dulu menyiapkan pikiran, badan, dan semacamnya. Kita lihat besok di lapangan seperti apa," tanggap Anthony, dalam keterangan pers Humas PP PBSI, Sabtu (29/4).

China telah memastikan satu gelar juara setelah terciptanya laga sesama pasangan China pada sektor ganda campuran. Korea Selatan menempatkan dua wakilnya di partai puncak, yakni ganda putri Baek Ha Na/Lee So Hee dan tunggal putri An Se Young.

Sementara, selain Indonesia dan Singapura, empat negara lainnya yang meloloskan masing-masing satu wakil ke final, yakni Jepang, Taiwan, Malaysia, dan India.

Berikut rangkaian pertandingan final BAC 2023:

Ganda Putri
Yuki Fukushima/Sayaka Hirota (Jepang/7) vs. Baek Ha Na/Lee So Hee (Korea Selatan)

Ganda Campuran
Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (China/1) vs. Jiang Zhen Bang/Wei Ya Xin (China)

Tunggal Putri
Tai Tzu Ying (Taiwan/4) vs. An Se Young (Korea Selatan/2)

Tunggal Putra
Loh Kean Yew (Singapura/7) vs. Anthony Sinisuka Ginting (2)

Ganda Campuran
Ong Yew Sin/Teo Ee Yi (Malaysia/8) vs. Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty (India/6)