Tai Tzu Ying Perpanjang Rencana Pensiunnya

Tai Tzu Ying (Taiwan).
Tai Tzu Ying (Taiwan).
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Tunggal putri nomor satu dunia asal Taiwan, Tai Tzu Ying memperpanjang rencana pensiunnya. Sebelumnya, juara All England 2020 BWF World Tour Super 1000 ini berencana gantung raket setelah perhelatan Olimpiade Tokyo 2020. Namun karena Olimpiade diundur setahun, Tzu Ying pun mengatakan bila dirinya akan kembali bersaing pada kalender kompetisi 2021 mendatang sebelum memutuskan untuk pensiun.

“Saya akan bermain sampai akhir musim depan sebelum membuat keputusan (pensiun, red). Rencana saya saat ini adalah menyelesaikan musim depan. Saat ini saya meluangkan waktu untuk beristirahat karena jadwal kompetisi sangat ketat. Sekarang sebenarnya adalah waktu yang tepat untuk beristirahat dan bersiap-siap untuk Olimpiade,” ungkap Tai Tzu Ying dilansir situs resmi BWF, bwfbadminton.com.

Aturan pembatasan sosial yang berlaku di negaranya, lantas membuat Tzu Ying menghabiskan waktunya untuk menjaga kebugaran fisiknya. “Relatif lebih santai sekarang ini karena saya tidak punya jadwal kompetisi yang padat. Jadi saya bisa lebih menekankan pada pelatihan di luar lapangan,” katanya.

“Misalnya, kelincahan dan kami memainkan permainan lain seperti sepak bola pantai. Saya sangat menyukai sesi ini karena sebelumnya saya tidak pernah punya waktu untuk melakukan hal-hal ini,” lanjutnya menjelaskan.

Tidak tingginya intensitas latihan belakangan ini, otomatis membuat kemungkian cedera Tzu Ying lebih rendah dari biasanya. Ia pun lebih fokus mempertahankan fisiknya dengan beberapa pelatihan yang konsisten.

“Saya akan mengatakan sedikit (khawatir, red). Untuk waktu yang lama saya tidak berada dalam suasana kompetisi. Saya juga sedikit khawatir jika saya mungkin akan kesulitan memasuki suasana kompetisi ketika saya mulai bermain lagi. Mungkin saya harus memainkan beberapa pertandingan simulasi yang akan membantu saya kembali ke suasana kompetisi,” tuturnya.

“Tanpa kompetisi apa pun dan sedikit sorotan dari media, saya harap semua orang tidak akan melupakan saya!” tutup Tzu Ying.