BAC 2022 - Pram/Yere Terinspirasi Bagas/Fikri

Para juara ganda putra BAC 2022 (Humas PP PBSI)
Para juara ganda putra BAC 2022 (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Manila | Ganda putra Indonesia, Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan, menuntaskan Kejuaraan Bulu Tangkis Asia (BAC) 2022 dengan kalungan medali emas. Gelar ini membuat "Merah Putih" melepas dahaga juara Asia selama tujuh tahun, sejak ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir meraih podium teratas pada 2015. Sedangkan di ganda putra, Pram/Yere meneruskan takhta Markis Kido/Hendra Setiawan yang menjadi juara pada 2009.

Bertanding laga final di Muntinlupa Sports Complex, Manila, Minggu (1/5), Pram/Yere menaklukkan peraih medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020 asal Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik, dengan dua gim langsung 23-21, 21-10.

"Kami sangat senang bisa juara di sini. Kami datang dengan status underdog, bukan unggulan tapi bisa sampai juara. Kemarin setelah final saja kami sudah bersyukur," kata Pramudya, dalam siaran pers Humas PP PBSI.

"Terima kasih untuk semua tim PBSI dan pelatih karena kami bisa juara berkat mereka juga. Dan yang paling penting gelar ini untuk Indonesia," tambah Yeremia.

Pram/Yere memulai perjalanan di BAC 2022 dengan mendapatkan bye di babak 32 besar. Setelah itu, keduanya secara beruntun mengalahkan unggulan-unggulan. Mulai dari Ong Yew Sin/Teo Ee Yi (Malaysia/6) di babak 16 besar, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi (Jepang/2) di perempat final, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (Indonesia/4) di semifinal, hingga Aaron Chia/Soh Wooi Yik (Malaysia/5) di final.

"Kami melihat Bagas/Fikri luar biasa mampu juara All England. Kami termotivasi dari sana dan ingin menunjukkan bahwa kami juga bisa," ungkap Pramudya.

"Semoga gelar ini menjadi pacuan kami untuk lebih baik di turnamen-turnamen selanjutnya dan bisa konsisten," demikian Yeremia.