YIMO 2022 Jadi Ajang Pembuktian Atlet-atlet Muda

Salah seorang peserta asal klub Champion Klaten berlaga di hari pembuka YUZU Isotonic Magelang Open 2022 (Djarum Badminton)
Salah seorang peserta asal klub Champion Klaten berlaga di hari pembuka YUZU Isotonic Magelang Open 2022 (Djarum Badminton)
Nasional ‐ Created by EL

Magelang | Ketua Panitia Pelaksana YUZU Isotonic Magelang Open (YIMO) 2022 Eddy Prayitno menyatakan, YIMO 2022 merupakan sarana bagi para atlet untuk mengukur kemampuan, serta tolok maupun bahan evaluasi pembinaan yang telah dijalani oleh klub bulu tangkis yang menerjunkan atlet binaannya. Diharapkan para atlet muda dapat memanfaatkan YIMO 2022 untuk mengukir prestasi sebaik-baiknya dan menjadi jembatan untuk mencapai prestasi yang lebih tinggi.

"Yuzu Isotonic Magelang Open dilaksanakan sebagai salah satu program Pengprov PBSI Jateng untuk mengembangkan pembinaan melalui kompetisi atlet dalam kejuaraan yang kami adakan," jelasnya, dalam siaran persnya, Senin (12/9).

"Sehingga, para klub-klub bulu tangkis di Indonesia dapat mengukur kemampuan para atlet yang sudah dibina dan menumbuhkan kepercayaan diri para atlet ketika mereka bisa menjadi juara di turnamen ini," Eddy, memaparkan.

YIMO 2022 mempertandingkan 11 kategori baik putra dan putri dari tiga kelompok usia yakni U-11, U-13, dan U-15. Untuk kelompok pemula (U-15), akan mempertandingkan lima nomor yakni tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri dan ganda campuran. Lalu kelompok anak-anak (U-13) terbagi dalam empat nomor tunggal putra, tunggal putri, ganda putra dan ganda putri. Sedangkan kelompok usia dini (U-11) hanya memainkan nomor tunggal putra dan putri saja.

Kategori dan kelompok usia yang dipertandingkan YIMO 2022 berbeda dengan tahun lalu yang mempertandingkan 24 kategori dari kelompok usia dewasa, taruna (U-19), remaja (U-17), pemula (U-15), anak-anak (U-13) dan usia dini (U-11). "Untuk tahun ini, kami fokus untuk mempertandingkan kelompok umur dalam kategori pembinaan yang potensial yaitu, U-11, U-13 dan U-15 dimana kategori ini juga dipertandingkan di dua turnamen Sirnas yang merupakan bagian dari kalender PBSI 2022," ujar Eddy.

Hingga saat ini, total pendaftar mencapai 450 peserta untuk seluruh kategori yang telah mendaftar dari 10 Agustus hingga 3 September 2022. Beberapa klub besar pun turut ambil bagian dalam turnamen ini diantaranya PB Djarum, PB Jaya Raya, PB Nusantar, PB Tangkas, hingga PB PMS Solo.