Richard Mainaky dan Para Pemain Sepakat Untuk Tidak Diacak

Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja (Indonesia) saat berlaga di ajang All England 2020 BWF World Tour Super 1000.
Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja (Indonesia) saat berlaga di ajang All England 2020 BWF World Tour Super 1000. (Foto: PBSI)
Nasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Pekan lalu, Mola TV PBSI Home Tournament telah mempertandingkan nomor ganda putra yang kemudian dimenangkan pasangan Fajar Alfian/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan lewat kemenangan sempurna di lima pertandingan. Pekan ini, 11 ganda campuran akan bertarung memperebutkan gelar juara dengan total hadiah sebesar Rp 73 juta. Juara pertama akan mendapatkan Rp 40 juta, juara kedua Rp 20 juta dan Rp 13 juta untuk juara ketiga.

Mola TV PBSI Home Tournament pekan lalu terlihat lebih menarik lewat format bongkar pasang pemain. Sektor ganda putra memecah pasangan asli mereka dan mengombinasikannya dengan pemain junior. Tapi hal seperti itu tidak akan tersaji di sektor ganda campuran yang akan berlangsung mulai 1 hingga 3 Juli 2020 nanti. Praveen Jordan akan tetap berduet dengan Melati Daeva Oktavianti, demikian pula dengan pasangan lainnya.

Kepala Pelatih Ganda Campuran Indonesia, Richard Mainaky menjelaskan bila tidak adanya format bongkar pasang ini sudah disepakati para pemain. Mereka tetap ingin bermain dengan partner asli dan tidak diacak. Richard juga memiliki alasan tersendiri dengan keputusan itu.

“Saya anggap ini (Mola TV PBSI Home Tournament, Red) sebagai simulasi. Karena sudah lama tidak ada pertandingan. Jadi, kalau simulasi, ya harus seperti pertandingan yang sesungguhnya. Termasuk partnernya,” kata Richard Mainaky dikutip dari Jawapos.com.

Lebih lanjut Richard mengatakan, dirinya tidak menepis bila Praveen/Melati memang menjadi pasangan terkuat pada turnamen internal ini, apalagi mereka punya bekal titel juara All England 2020 BWF World Tour Super 1000 dan berstatus peringkat empat dunia. “Sekarang Praveen/Melati yang diunggulkan. Ini bagus buat pasangan lain yang pasti punya motivasi juga untuk menang,” tuturnya.

Meski begitu, kata Richard, peringkat tertinggi tidak melulu bisa menjadi jaminan. Tidak menutup kemungkinan, pasangan Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja mampu mengalahkan Praveen/Melati. Sebab, dari enam pertemuan, Praveen/Melati tercatat punya dua kekalahan atas Hafiz/Gloria.

Bukan cuma itu, bagi pelatih, Mola TV PBSI Home Tournament ini bisa menjadi bahan acuan untuk melihat sejauh mana perkembangan para pemain selama tiga bulan terakhir. “Kita bisa menilai pasangan-pasangan yang bertemu Praveen/Melati itu, perjuangan mereka untuk menang sampai mana. Jangan mau kalah duluan. Ini bagus buat melatih mental mereka,” tandasnya.

 

Berikut jadwal pertandingan ganda campuran Mola TV PBSI Home Tournament:

Rabu, 1 Juli 2020

08.30 WIB

  • Adnan Maulana/Mychelle Crhystine Bandaso vs Ghifari Anandaffa Prihardika/Angelica Wiratama
  • Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari vs Muhammad Yusuf Maulana/Lanny Tria Mayasari
  • Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja vs Teges Satriaji Cahyo Utomo/Indah Cahya Sari Jamil

15.00 WIB

  • Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati vs Ghifari Anandaffa Prihardika/Angelica Wiratama
  • Zacharia Josiahno Sumanti/Hediana Julimarbela vs Muhammad Yusuf Maulana/Lanny Tria Mayasari
  • Akbar Bintang Cahyono/Winny Oktavina Kandow vs Teges Satriaji Cahyo Utomo/Indah Cahya Sari Jamil

 

Kamis, 2 Juli 2020

08.30 WIB

  • Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti vs Andika Ramadiansyah/Marsheilla Gischa Islami
  • Adnan Maulana/Mychelle Crhystine Bandaso vs Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati
  • Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari vs Zacharia Josiahno Sumanti/Hediana Julimarbela
  • Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja vs Akbar Bintang Cahyono/Winny Oktavina Kandow

15.00 WIB

Perempat Final

 

Jumat, 3 Juli 2020

08.30 WIB

Semifinal

15.00 WIB

  • Perebutan Posisi Juara III
  • Final