Ribka/Fadia Siap Teruskan Tongkat Estafet Ganda Putri Indonesia di Level Dunia

Selebrasi kemenangan Ribka Sugiarto/Siti Fadia Silva Ramadhanti.
Selebrasi kemenangan Ribka Sugiarto/Siti Fadia Silva Ramadhanti. (Foto: PBSI)
Nasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Ribka Sugiarto/Siti Fadia Silva Ramadhanti mampu membuktikan kualitasnya dengan menjuarai Mola TV PBSI Home Tournament di sektor ganda putri. Punya tipe permainan menyerang dengan banyak variasi pukulan, terbukti berhasil mengantarkan mereka ke podium juara. Bahkan, tidak menutup kemungkinan bila ganda putri ranking 32 dunia itu bisa menjadi pasangan top dunia andalan Indonesia di masa depan.

Ketika ditanya soal kesiapannya untuk melanjutkan tongkat estafet ganda putri Indonesia yang saat ini masih dipegang Greysia Polii/Apriyani Rahayu, Ribka/Fadia dengan tegas menyatakan optimismenya.

“Siap!” tegas Ribka Sugiarto. “Yang pasti harus lebih siap main capek dan pola pikirnya harus diubah untuk lebih matang lagi kedepannya,” sambungnya menambahkan.

Senada dengan Ribka, semangat dan kepercayaan diri serupa juga ditunjukkan Fadia. Pebulutangkis asuhan PB Djarum Kudus itu berharap bisa membayar kepercayaan yang sudah diberikan Kepala Pelatih Ganda Putri Indonesia, Eng Hian kepada mereka.

“Pasti siap juga! Kita sudah dikasih kepercayaan sama Koh Didi (Eng Hian). Kalau bisa sekarang, kenapa harus nanti,” kata Fadia mantap.

Ribka/Fadia masih muda. Ribka berusia 20 tahun, sedangkan Fadia baru 19 tahun. Mereka bahkan baru dipasangkan pertengahan tahun lalu. Hasilnya, Ribka/Fadia sudah menjuarai Yuzu Indonesia Masters 2019 BWF Tour Super 100, Oktober lalu.

Tahun ini, raihan terbaik Ribka/Fadia lolos ke babak 16 besar All England 2020 BWF World Tour Super 1000, Maret lalu. Sementara saat turun di ajang Malaysia Masters 2020 BWF World Tour Super 500 dan Daihatsu Indonesia Masters 2020 BWF World Tour Super 500, mereka harus tersisih di babak pertama.