Ribka/Fadia Incar Tempat di Tim Uber

Ribka Sugiarto/Siti Fadia Silva Ramadhanti berharap bisa menjadi bagian dari tim Piala Uber 2020.
Ribka Sugiarto/Siti Fadia Silva Ramadhanti berharap bisa menjadi bagian dari tim Piala Uber 2020. (Foto: PBSI)
Nasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Ribka Sugiarto/Siti Fadia Silva Ramadhanti baru saja menjuarai Mola TV PBSI Home Tournament. Penampilan ganda putri ranking 32 dunia itu betul-betul ciamik sepanjang kejuaraan. Buktinya, Ribka/Fadia sukses menyapu bersih kemenangan dengan straight game. Tidak ada satu game pun yang hilang dari mereka, termasuk pada laga final kontra Apriyani Rahayu/Mychelle Chrystine Bandaso, kemarin (17/7).

Kesuksesan Ribka/Fadia di ajang Mola TV PBSI Home Tournament pekan ini boleh jadi semakin memperkuat penilaian tim pelatih ganda putri yang dipimpin Eng Hian untuk mengukuhkan mereka sebagai pasangan nomor dua setelah Greysia Polii/Apriyani Rahayu.

Selepas partai final kemarin, Ribka/Fadia dengan tegas mengatakan bila mereka siap untuk melanjutkan tongkat estafet ganda putri Indonesia. Apalagi, pasca kepergian Della Destiara Haris/Rizki Amalia Pradipta dari Pelatnas, Eng Hian lantas memberikan kepercayaan dan kesempatan itu untuk Ribka/Fadia.

“Koh Didi (Eng Hian) dari awal sudah nanya, kita benar-benar mau apa enggak jadi top player. Kalau koh Didi sudah liat kita serius, ada kemauan, latihannya digenjot, beda kalau latihannnya ogah-ogahan, kita disuruh berpikir juga, kata Siti Fadia Silva Ramadhanti dalam rilis PP PBSI yang diterima Djarumbadminton.com, Sabtu (18/7).

“Kita mulai dikasih kesempatan ke turnamen level atas dan bermain di SEA Games Manila 2019. Kita nggak mau menyia-nyiakan kesempatan ini. Semoga nanti bisa masuk tim Piala Uber juga, ingin sekali jadi bagian tim Piala Uber, lanjutnya.

Berkaca pada kemampuan Ribka/Fadia yang memberikan warna baru di sektor ganda putri Indonesia lewat permainan menyerangnya, bukan tidak mungkin pebulutangkis binaan PB Djarum Kudus itu masuk ke dalam di tim Piala Uber 2020 yang rencananya bakal di helat Oktober mendatang.

“Siap dan memang ingin (masuk tim Piala Uber). Koh Didi bilang sekarang kita harus mulai melihat ke pemain-pemain dunia, supaya kita terpacu terus, harus ada kemauan untuk ngejar terus, tuturnya.

Pada ajang Badminton Asia Team Championships 2020, Februari lalu, misalnya. Ribka/Fadia dipasang sebagai ganda kedua dan hasilnya bagus. Mereka tak terkalahkan di fase penyisihan Grup Y saat berhadapan dengan wakil Thailand dan tuan rumah Filipina.

“Mas Chafidz (asisten pelatih ganda putri) sering mengingatkan kita, jangan pernah mau kalah sama siapapun. Kita sudah dikasih kesempatan, harus bisa kasih yang terbaik. Suatu hari nanti kita akan menggantikan para senior termasuk kak Greysia (Polii), tegas Ribka Sugiarto.