PON Papua 2021 - Putra Jabar dan Jateng Sapu Bersih Kemenangan

Alvi Wijaya Chairullah buka kemenangan bagi regu putra Jawa Barat atas Papua pada laga perdana PON Papua 2021 (PON Papua 2021/Hadi Abdulloh)
Alvi Wijaya Chairullah buka kemenangan bagi regu putra Jawa Barat atas Papua pada laga perdana PON Papua 2021 (PON Papua 2021/Hadi Abdulloh)
Nasional ‐ Created by Junius

Jakarta | Sapu bersih kemenangan mewarnai hari pertama babak penyisihan grup cabang olahraga bulu tangkis di nomor beregu putra Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2021, Selasa (5/10). Dua kontingen kuat pada cabang olahraga pukul bulu ini, Jawa Barat (Jabar) dan Jawa Tengah (Jateng), sukses menyapu bersih kemenangan atas lawan-lawan mereka.

Jabar yang menghadapi tuan rumah Papua di GOR Waringin, Jayapura, sukses menyapu bersih kemenangan dengan skor 5-0. Poin kemenangan Jabar masing-masing dipersembahkan Alvi Wijaya Chairullah, Panji Ahmad Maulana, Syabda Perkasa Belawa dari sektor tunggal serta pasangan Muhammad Shohibul Fikri/Pramudya Kusumawardana dan Abiyyu Fauzan Majid/M. Fachrikar P. Mansur di sektor ganda.

Di partai pembuka, Alvi menang atas Koko Dwi Prasetyo 15-10, 21-15. Diikuti pasangan Shohibul/Pramudya yang menang atas Jaya Alfian Hudha/Reza Dwicahya Purnama dengan skor, 21-16, 21-14. Panji yang turun di partai ketiga sektor tunggal, mengkandaskan Melvin Parera, 21-9, 21-7. Abiyyu/Fachrikar menang 21-8, 21-15 atas Adrianto Daniel Runyukahu/Arfan Abidin. Terakhir, Syabda taklukkan Mahardika Saputra Thatho, 21-13, 21-7.

Sapu bersih kemenangan juga diukir kontingen Jateng yang menaklukkan Papua Barat 5-0. Bagas Kristianto Nugroho yang turun di partai pembuka tumbangkan Muhammad Isnain dengan skor 21-8, 21-11. Disusul Bobby Setiabudi yang mengalahkan Andi Almin Rivaldi 21-11, 21-14 di partai kedua. Sementara Alberto Alvin Yulianto tumbangkan Ilham Putra, 21-10, 21-7 di partai ketiga.

Sedangkan pada partai keempat di sektor ganda, Bobby yang bermain rangkap dan berpasangan dengan Bagas Maulana sukses menundukkan Abhinaya Rakan Adira/Gala Machrianov, 21-8, 21-13. Di partai pamungkas, Bagas Kristianto dan Alberto yang juga bermain rangkap, sukses menumbangkan Chandra Klinsmen Manopo/Mahendra Tatengkeng, 21-14, 21-9.

Usai pertandingan, Bagas Kristianto mengatakan dirinya masih menyesuaikan diri setalah lama tidak bertanding. "Pertandingan tadi karena masih awal, jadi harus adaptasi dulu. Setelah hampir dua tahun gak tanding dan sekarang ngerasain pertandingan lagi, nggak bisa langsung in mainnya. Tapi setelah berjalannya sampai pertengahan game pertama tadi, sudah mulai biasa lagi," kata Bagas kepada pbdjarum.org.

Ia juga mengungkapkan, komposisi pemain kontingen Jateng sangat terbatas, sehingga ia dan beberapa rekannya harus bermain rangkap. "Main rangkap jalani dulu saja dan ingin nunjukin kalau kita masih bisa menang dan masih bisa juara," tuntas Bagas.