Peparnas XVI Papua 2021 - Hikmat Bikin Kejutan, Jokowi Saksikan Partai Final

Presiden Joko Widodo, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, dan Ketua NPC Indonesia Senny Marbun (InfoPublik.id/Amiri Yandi)
Presiden Joko Widodo, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, dan Ketua NPC Indonesia Senny Marbun (InfoPublik.id/Amiri Yandi)
Nasional ‐ Created by EL

Jayapura | Atlet asal Jawa Barat Hikmat Ramdani membuat kejutan dengan mengalahkan peraih medali perunggu Paralimpiade Tokyo 2020, Fredy Setiawan, pada final tunggal putra SL4 elite Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) Papua 2021. Sementara, Presiden Joko Widodo (Jokowi) muncul di GOR Cenderawasih, Kabupaten Jayapura, Papua, untuk menyaksikan langsung tiga partai final bulu tangkis Peparnas Papua 2021.

Pertandingan di GOR Cenderawasih, Kota Jayapura, Sabtu (13/11), berlangsung sengit. Hikmat langsung tancap gas sejak laga dimulai. Sebelum interval pertama, Hikmat justru tertinggal 10-11. Namun, atlet berumur 20 tahun itu kembali menemukan kepercayaan diri.

Hikmat kembali unggul hingga akhirnya menyudahi gim pertama dengan kemenangan atas sang senior Fredy Setiawan yang mewakili Jawa Tengah dengan skor 21-16.

Pada gim kedua, pertandingan makin sengit. Hikmat yang sempat tertinggal mampu membuat gebrakan, kemudian mampu mengejar ketertinggalan dan membalikkan keadaan.

Pada poin krusial, sebagaimana dilaporkan Antara, Hikmat justru membuat sejumlah kesalahan yang membuat lawan mengejar poin. Namun akhirnya Hikmat berhasil memastikan gelar juara setelah menyelesaikan pertandingan dengan skor 21-16, 24-22.

Hikmat tak menyangka bisa meraih gelar juara. Terlebih, ini merupakan debutnya di pekan olahraga terbesar di Tanah Air tersebut. "Pastinya bisa mendapatkan emas ini sangat luar biasa. Tak menyangka juga," kata Hikmat, usai pertandingan.

Kemenangan ini juga menjadi bekal Hikmat yang akan tampil di ajang Asian Youth Para Games 2021 di Bahrain pada awal Desember. "Setelah ini saya akan kembali fokus berlatih untuk mempersiapkan diri menuju Bahrain," Hikmat, menambahkan.

Sementara, Leani Ratri Oktila menegaskan status sebagai atlet bulu tangkis putri SL4 terbaik di Indonesia dengan meraih medali emas usai mengalahkan wakil Jawa Timur Khalimatus Sadiyah dengan skor 21-16, 21-15.

Selain itu emas juga diraih Reksi Sudarno dari Sumatra Selatan setelah mengalahkan Adi Priatna dari Jawa Barat pada final tunggal putra SL4 dengan skor 21-17, 21-6.

Jokowi Saksikan Partai Final
Presiden Jokowi menyaksikan langsung tiga partai final bulu tangkis Peparnas Papua 2021 di GOR Cenderawasih, Kabupaten Jayapura, sebelum secara resmi menutup Peparnas Papua 2021 di Stadion Mandala pada Sabtu (13/11) malam WIT.

Pada kesempatan tersebut, Presiden Jokowi didampingi Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, Ketua Komite Paralimpiade Nasional Indonesia (NPC) Senny Marbun. Selain itu, tampak Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano, serta Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Kepala Negara menyaksikan pertandingan Tunggal Putra (TPA) SU5 Elit antara Dheva Anrimusthi dari Provinsi Jawa Barat melawan Suryo Nugroho (Jawa Tengah), TPA SS6 Elit Dimas Tri Aji dari Jawa Barat melawan Subhan (Jawa Tengah), dan TPA WH2 Elite Wiwin Andri (DKI Jakarta) melawan Supriadi (Jawa Tengah).

Kehadiran Presiden Jokowi mendapat sambutan hangat dari penonton yang hadir langsung di GOR Cenderawasih. Mantan wali kota Solo itu tampak antusias menyaksikan aksi para atlet bulu tangkis terbaik di Peparnas Papua 2021 saling adu kemampuan.

Menurut laporan InfoPublik.id, Presiden Jokowi tampak antusias menyaksikan tiga pertandingan yang berlangsung secara bersamaan tersebut. Sesekali, orang nomor satu di Indonesia itu memberikan tepuk tangan kala pemain melakukan smes yang berujung dengan poin.

Partai final pertama yang disaksikan Presiden Jokowi, dimenangkan Dheva yang menyudahi perlawanan Suryo dengan skor 21-17, 21-14. Kemudian, Subhan menang atas Dimas Tri Aji 21-12, 21-15.

Kepala Negara juga sempat menyaksikan kemenangan Wiwin Andri, yang mengakhiri perlawanan Supriadi dengan dua gim langsung 21-19, 21-13.