Penampilan Tontowi/Liliyana Melebihi Ekspetasi Richard Mainaky

Nasional ‐ Created by RYN

JAKARTA - Pencapaian Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir di Malaysia Open Superseries Premier 2016 menuai pujian dari Richard Mainaky. Pelatih ganda campuran Pelatnas itu awalnya tidak menargetkan apapun untuk Tontowi/Liliyana, namun anak didiknya tersebut sukses meraih gelar juara.

“Memang untuk turnamen sebelum Olimpiade ini, mereka saya tidak bebani target. Awalnya saya pikir kondisi Tontowi masih 70-80 persen, belum maksimal. Tapi ternyata mereka bisa tampil bagus dan menjanjikan sejak awal,” kata Richard.

Menurut Richard, kemenangan Praveen Jordan/Debby Susanto di All England telah membawa hawa positif bagi Tontowi/Liliyana. Richard berharap, Tontowi/Liliyana dapat terus tampil maksimal dan mempertahankan performa mereka.

“Saya lihat Tontowi tampil lebih bergairah dan Liliyana juga ingin sekali juara. Mereka mau menunjukkan kalau mereka masih bisa juara dan terus termotivasi. Apalagi sejak kemenangan Praveen/Debby kemarin, mereka semakin bersemangat karena ada andalan baru di ganda campuran. Selama ini mereka yang selalu diandalkan, sekarang kerja mereka lebih ringan,” paparnya.

Raihan gelar juara ini sekaligus menjadi motivasi Tontowi/Liliyana untuk menyambut Olimpiade Rio 2016 mendatang. Sejak menjuarai France Open Super Series 2014 lalu, Tontowi/Liliyana belum berhasil membawa pulang gelar di turnamen level super series. Sebelum ke Malaysia, mereka batal bertanding di India karena kondisi Tontowi belum pulih dari sakit.

"Ini menjadi motivasi luar biasa bagi saya dan Tontowi. Kami bisa keluar dari tekanan, bisa bangkit dan juara, itu satu nilai positif. Apalagi sampai sekarang kami juga masih mengumpulkan poin ke Olimpiade agar kami bisa menjadi unggulan di sana. Mudah-mudahan kami dapat terus menjaga performa seperti sekarang ini sampai di Olimpiade nanti," tutur Liliyana.

Olimpiade Rio 2016 rencananya akan dihelat di Brasil, mulai 5 Agustus mendatang. Dua wakil ganda campuran Indonesia kemungkinan akan turun bertanding, yaitu Tontowi/Liliyana dan Praveen Jordan/Debby Susanto.