PBSI Tetapkan ‘Sosok di Balik Layar’

Herry Iman Pierngadi (tengah) saat memberikan selamat kepada Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.
Herry Iman Pierngadi (tengah) saat memberikan selamat kepada Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. (Foto:PBSI)
Nasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) telah menetapkan para sosok di balik layar alias tim pelatih yang merupakan bagian dari kesuksesan pebulutangkis Indonesia dalam meraih setiap gelarnya di tingkat dunia. Tak terjadi banyak perubahan dalam susunan tim kepelatihan PBSI, karena menurut Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi, Susy Susanti, setiap sektor sejauh ini terus mengalami dan memperlihatkan peningkatan.

Di setiap sektor akan terbagi menjadi dua, yakni utama dan pratama. Masing-masing pelatih kemudian akan ditemani asisten pelatih untuk mendampingi para penghuni Pelatnas PBSI Cipayung 2019. “Kita melihat prestasi dari semua sektor ada peningkatan, sehingga kita ingin meneruskan program menuju ke Olimpiade,” ujar Susy Susanti.

Sektor tunggal putra utama akan dikepalai Hendry Saputra Ho dengan didampingi asisten pelatih Irwansyah. Sementara tunggal putra pratama akan dipercayakan kepada Jeffer Rosobin dan didampingi Harry Hartono. Di sektor tunggal putri, kursi pelatih utama masih belum ditetapkan. Kemungkinan posisi itu baru akan diumumkan usai kejuaraan All England 2019 BWF World Tour Super 1000, Maret mendatang. Namun Minarti Timur dipastikan akan menjadi asisten pelatih utama di sektor ini. Untuk tunggal putri pratama, para atlet akan dilatih Herli Djaenudin sendiri, tanpa didampingi asisten pelatih.

Sementara itu, Herry Iman Pierngadi dan Aryono Miranat masih kembali dipercaya untuk melatih ganda putra utama. Sedangkan Thomas Indratjaja akan melatih ganda putra pratama yang diasisteni David Yedija Pohan. Selanjutnya di nomor ganda putri, Eng Hian akan menjadi pelatih utama didampingi asistennya, Chafidz Yusuf. Sementara Rudy Gunawan Haditono dan Anggun Nugroho akan menjadi pelatih dan asisten di ganda putri pratama.

Terakhir di sektor ganda campuran, Richard Mainaky masih dipercaya untuk melatih kelas utama didampingi Nova Widianto. Sedangkan Amon Santoso akan melatih ganda campuran pratama dan akan didampingi Vita Marissa.