LIMA Badminton WJC Dihelat Pekan Ini

Nasional ‐ Created by BAZ

BANDUNG – Setelah sukses di Jakarta, Liga Mahasiswa (LIMA) siap menggelar LIMA Badminton West Java Conference (WJC) 13-17 April ini di GOR Lodaya Bandung , Jawa Barat. Delapan tim putra dan empat tim putri siap tempur di Bandung.

Delapan tim putra itu berasal dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Komputer Indonesia (Unikom), Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Pasundan (STKIP Pasundan), Universitas Padjadjaran (Unpad), Universitas Islam Bandung (Unisba), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universita Widyatama (UTama) dan Universitas Jendral Achmad Yani (Unjani). Sementara itu, persaingan di sektor putri diikuti oleh STKIP, Unikom, Unpad dan UPI.

Sebelum pelaksanaan, LIMA  lebih dahulu dilaksanakan technical meeting oleh perwakilan peserta bersama  bersama  Herman Subarjah dan Tata Mulyana, dari  Pengprov PBSI Jawa Barat, serta  Mimi A. Irawan, selaku technical dedicated.

“Saya menilai di musim keempat ini, antusias dari para peserta di Bandung masih tinggi. Beberapa tim-tim kuat masih turut serta di musim ini, dan saya rasa penyelenggaraan musim ini akan semakin kompetitif,” kata Mimi A. Irawan, disela-sela rapat.

Sementara itu, Herman Subarjah dan Tata Mulyana menjelaskan secara detail mengenai sistem dan peraturan pertandingan serta persyaratan yang harus dipatuhi oleh para peserta di ajang LIMA Badminton West Java Conference.

"Peraturan pertandingan mengacu kepada peraturan resmi PBSI dan peraturan khusus LIMA," ujar Herman Subarjah.

Sistem pertandingan menggunakan setengah kompetisi bagi tim putri dan sistem Pul bagi tim putra. Sistem poin pada ajang ini menggunakan prinsip The Best Of Three Games (Rally Point) dan bila terjadi rubber games maka di gim terakhir hanya sampai 11 poin.

Selain partai tunggal dan ganda, LIMA Badminton West Java Conference juga mempertandingkan partai trio atau tiga lawan tiga. Jenis pertandingan yang akan digunakan bagi tim putra yakni tunggal dan ganda yang masing-masing akan mempertandingakan dua partai serta satu partai trio.

Sesuai hasil drawing,  Unikom, Unpad, Utama dan Unisba bersaing di Pul A, sedangkan UPI, STKIP, Unjani dan ITB menghuni Pul B. Tim putri akan mempertandingkan partai tunggal, ganda dan trio yang masing-masing akan dipertandingan satu kali.

Sementara itu, persaingan di sektor putri akan terjadi antara Unikom, UPI, STKIP dan Unpad yang langsung bertanding dengan menggunakan sistem setengah kompetisi atau setiap tim masing-masing bertemu dengan lawan mainnya satu kali.

Nantinya, tiga tim putra teratas akan melaju ke fase LIMA Badminton Nasional, sementara di sektor putri hanya diambil dua tim terbaik.

 

Foto: ligamahasiswa.co.id