Kevin Sanjaya Tetap Bersyukur dengan Pencapaian pada 2021

Marcus Fernaldi Gideon & Kevin Sanjaya Sukamuljo (Badminton Photo/Yohan Nonotte)
Marcus Fernaldi Gideon & Kevin Sanjaya Sukamuljo (Badminton Photo/Yohan Nonotte)
Nasional ‐ Created by EL

Jakarta | Atlet bulu tangkis ganda putra Indonesia Kevin Sanjaya Sukamuljo tetap bersyukur dengan capaian yang berhasil diraihnya bersama Marcus Fernaldi Gideon di sepanjang turnamen 2021. Pemain asal klub PB Djarum itu tetap bangga dengan prestasi yang diukir, tembus ke final sebanyak lima kali beruntun tatkala jadwal turnamen yang padat, sejak Piala Sudirman pada Oktober 2021 hingga jelang tutup tahun.

Kevin/Marcus tercatat telah melakoni enam turnamen secara berturut-turut mulai dari Denmark Open, French Open, Hylo Open, Indonesia Masters, Indonesia Open, dan BWF World Tour Finals 2021.

Kondisi tersebut, lanjut Kevin, merupakan kejadian yang belum pernah terjadi sebelumnya sepanjang keikutsertaannya dalam kejuaraan bulu tangkis.

Namun, pasangan berjuluk "Minions" itu mampu menorehkan dua kali juara saat bertanding di Hylo Open 2021 dan Indonesia Open 2021, serta tiga kali runner-up di French Open 2021, Indonesia Masters 2021, dan BWF World Tour Finals 2021.

"Saya sangat bersyukur bisa dapat lima final dari tujuh pertandingan. Pastinya bersyukur karena ini sudah lebih dari cukup bisa mendapat hasil itu dengan kondisi kami," ungkap Kevin, di Jakarta, Rabu (22/12).

Atlet berusia 26 tahun itu bahkan mengaku kurang persiapan, saat akan menghadapi Piala Sudirman 2021 di Finlandia. Saat latihan pun, waktunya lebih banyak digunakan untuk pemulihan dari cedera bahu yang menimpanya. "Tidak ada target khusus awalnya, dari sebelum mau berangkat Piala Sudirman juga persiapan kurang. Sehari latihan hanya sekali, kebanyakan pemulihan saja dan sudah capek banget waktu itu kondisinya jadi ilmu pasrah saja bakal menang," ungkapnya.

Meski kurang persiapan, ganda putra yang saat ini bertahan di peringkat satu dunia itu mampu meraih hat-trick gelar juara Indonesia Open, yakni pada 2018, 2019, dan 2021.

Antara melaporkan, atas pencapaian tersebuut, Kevin pun kebanjiran bonus pada akhir tahun, salah satunya dari PB Djarum. Ia menerima bonus sebesar Rp250 juta karena turut andil dalam merebut Piala Thomas serta tambahan Rp200 juta atas hat-trick di Indonesia Open.