Ivana Lie Sang Juara Terlengkap Indonesia Open

Ivana Lie (Djarum Badminton)
Ivana Lie (Djarum Badminton)
Nasional ‐ Created by EL

Jakarta | Ivana Lie adalah pemain dengan gelar juara paling lengkap di Indonesia Open. Ia tercatat sebagai kampiun Indonesia Open pada 1982, 1983, 1986, dan 1987, baik pada nomor tunggal putri, ganda putri, maupun ganda campuran. Ivana dan Christian Hadinata menjuarai sekaligus mempertahankan gelar juara ganda campuran Indonesia Open. Kemudian podium teratas Ivana di kejuaraan ini pada nomor ganda putri, yakni bersama Verawaty Fadjrin (1986) dan Rosiana Tendean (1987).

Tentu, bagi Ivana, kenangan merayakan gelar juara Indonesia Open tak akan terlupakan. Namun, Ivana menemukan momen sakral ketika berhasil meraih medali emas kala perhelatan pesta olahraga Asia maupun Asia Tenggara. "Kalau di turnamen atau 'open' biasa kan, ya menang kita dapat piala, sudah. Tapi kalau di Asian Games atau SEA Games, kita naik podium lalu 'Indonesia Raya' berkumandang, bendera Merah Putih naik, itu paling menyenangkan," tuturnya dalam buku Dari Kudus Menuju Prestasi Dunia.

"Tapi tak ada bonus ketika itu ketika itu. Sekali pun juara di Asian Games, kita hanya dapat medali dan ucapan 'terima kasih' dari negara," Ivana, menambahkan.

Di luar lapangan, Ivana juga merasakan kesan mencapai prestasi terbaik di gelanggang bulu tangkis. Di mana pun, banyak orang yang mengenalnya kemudian menyapa. "Kadang, makan di restoran ternyata sudah dibayarin orang," ungkap pebulu tangkis asal Bandung, Jawa Barat ini.

Selaku atlet, atlet kelahiran 7 Maret 1960 ini paham betul risiko yang bakal diterimanya jika kalah dalam sebuah pertandingan. Umumnya, menurut Ivana, "Masyarakat nggak mau tahu penyebab kita kalah. Selalu ada saja kritikan yang pedas, caci-maki."

"Semua itu jadi satu bagian dari hidup kita sebagai atlet bulu tangkis yang juga milik masyarakat," Ivana, seraya berpesan.

Pesan dari Ivana kepada para atlet bulu tangkis nasional itu tetap relevan hingga kini. Setelah gantung raket pada 1990, Ivana tetap mendedikasikan dirinya untuk bulu tangkis. Pernah membuka klub bulu tangkis untuk anak-anak dan memperkenalkan bad-mini --sebuah konsep permainan pertandingan bulu tangkis untuk anak-anak--.

Sebelum menjabat staf khusus bidang olahraga pada Kementerian Pemuda dan Olahraga, Ivana juga pernah melatih di pelatda di Bandung dan pelatnas di Jakarta. Belakangan ia tetap berkiprah dalam pembinaan usia dini atlet bulu tangkis selaku pencari bakat Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulutangkis.

Totalitas Ivana terhadap bulu tangkis tak diragukan lagi. Pada hari ini, legenda dari olahraga kecintaan masyarakat Indonesia merayakan hari jadinya. Selamat ulang tahun, Ivana Lie!