Zhang Beiwen Pastikan Tiket Kejuaraan Dunia 2018

Zhang Beiwen
Zhang Beiwen
Internasional ‐ Created by AH

Pebulutangkis tunggal putri asal Amerika Serikat, Zhang Beiwen, memastikan diri tampil di Kejuaraan Dunia yang akan digelar di Nanjing, Tiongkok pada 30 Juli hingga 5 Agustus 2018. Kepastian yang didapat oleh Juara India Open 2018 tersebut sekaligus menjadikannya wakil pertama asal Negeri Paman Sam yang menginjakkan kaki di Kejuaraan Dunia bulutangkis.

Beiwen yang merupakan pemain independen asal Amerika Serikat tersebut telah memenuhi kualifikasi berdasarkan keputusan Peraturan Kompetisi Umum (GCR). Keputusan tersebut berisi antara lain meski seorang pebulutangkis tidak terdaftar dalam organisasi bulutangkis nasional, ia boleh tampil di Kejuaraan Dunia asal telah tampil di berbagai turnamen bergengsi BWF minimal tiga tahun sebelum Kejuaraan Dunia.

Beiwen yang saat ini menduduki peringkat ke-12 dunia itu dipastikan mendapat tiket Kejuaraan Dunia 2018 pada Kamis (26/4) bersamaan dengan keputusan untuk Martina Repiska (Slovakia) dan Ksenia Polikarpova (Israel) yang juga berhak tampil di Kejuaraan Dunia.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, hanya pemain yang lolos kualifikasi dan mendapat persetujuan dari asosiasi bulu tangkis negara masing-masing yang bisa tampil di turnamen ini.

Beiwen sendiri sudah beberapa kali meraih gelar di karier bulutangkis profesional. Setidaknya ia sudah mendapatkan satu gelar BWF World Tour, enam gelar BWF Grand Prix, dan tujuh gelar di BWF International Challenge. Tak hanya di tunggal saja, Zhang juga berhasil meraih dua gelar ganda di BWF International Challenge.