(Yuzu Indonesia Masters) Chafidz: Ribka/Fadia Buktikan Mereka Pendengar yang Baik

Ribka Sugiarto/Siti Fadia Silva Ramadhanti (Indonesia) juara ganda putri Yuzu Indonesia Masters 2019 BWF Tour Super 100.
Ribka Sugiarto/Siti Fadia Silva Ramadhanti (Indonesia) juara ganda putri Yuzu Indonesia Masters 2019 BWF Tour Super 100.
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Malang | Raihan manis mampu diperlihatkan ganda putri Ribka Sugiarto/Siti Fadia Silva Ramadhanti yang sukses menyabet gelar juara di ajang Yuzu Indonesia Masters 2019 BWF Tour Super 100, Minggu (6/10). Pasangan asuhan PB Djarum Kudus ini berhasil menaiki podium tertinggi usai menang dua game langsung atas seniornya, Della Destiara Haris/Rizki Amelia Pradipta dengan skor 23-21 dan 21-15.

Pencapaian ini dinilai Asisten Pelatih Ganda Putri Indonesia, Chafidz Yusuf sebagai bukti bila Ribka/Fadia merupakan pendengar yang baik. “Ya bisa dibilang seperti itu. Karena Ribka/Fadia memang pendengar yang baik. Mereka mau mendengarkan masukan dari pelatih, siapapun itu, dan mereka juga mau mengaplikasikannya sebagai bentuk dari bagian pembelajaran. Saya rasa mereka pantas mendapatkan hasil ini,” ungkap Chafidz Yusuf kepada Djarumbadminton.com.

Lebih lanjut Chafidz mengatakan bila Ribka/Fadia juga merupakan pasangan yang punya semangat juang tinggi, baik di dalam lapangan maupun saat latihan.

“Ribka/Fadia itu salah satu pemain Indonesia yang punya sikap dan kemauan yang baik. Dalam hal apapun. Jujur saja, tidak semua pemain bisa memiliki hal seperti mereka. Intinya dari kacamata seorang pelatih, kita lihat kalau mereka itu mau maju dan tidak pernah merasa puas,” tuturnya.

Penampilan Ribka/Fadia di sepanjang gelaran Yuzu Indonesia Masters 2019 BWF Tour Super 100 ini boleh dibilang cukup impresif dan patut diacungi jempol. Pasalnya, perjuangan Ribka/Fadia menuju partai puncak sampai akhirnya juara tidaklah mudah. Sepanjang turnamen, mereka berhasil menumbangkan unggulan lima di babak 16 besar, menyingkirkan unggulan dua di perempat final, dan memulangkan unggulan tiga di semifinal. Termasuk menang dari seniornya di partai final.

Menariknya, semua pertarungan tersebut mampu dikalahkan Ribka/Fadia hanya dalam permainan dua game langsung. “Kalau melihat secara keseluruhan di turnamen ini, Ribka/Fadia punya kemampuan dasar yang sangat baik. Selain itu, mereka juga punya kemampuan untuk mengatasi kendala-kendala yang ada di sepanjang turnamen ini. Dan mereka sangat konsisten di turnamen ini,” jelasnya.

“Dengan hasil ini saya rasa Ribka/Fadia sudah sangat layak untuk naik level, atau bermain di level yang lebih tinggi lagi. Apalagi beberapa waktu lalu, mereka juga berhasil menembus babak semifinal di turnamen level Super 300. Semoga saja Ribka/Fadia bisa menjaga momentum ini dan menjaga konsistensinya,” pungkas Chafidz.