(World Tour Finals) Ambisi Kuat

Selebrasi Tai Tzu Ying saat menjuarai Daihatsu Indonesia Masters BWF World Tour Super 500.
Selebrasi Tai Tzu Ying saat menjuarai Daihatsu Indonesia Masters BWF World Tour Super 500.
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Pebulutangkis tunggal putri peringkat satu dunia, Tai Tzu Ying punya ambisi yang begitu kuat untuk bisa menjadi kampiun di ajang BWF World Tour Finals 2018 Guangzhou, yang akan dimulai 12 hingga 16 Desember, nanti. Tai berharap besar mampu mengakhiri perjalanannya di 2018 ini dengan hasil manis sekaligus membayar kegagalannya pada penampilan di BWF Superseries Final 2017 lalu.

“BWF World Tour Finals 2018 ini adalah salah satu turnamen yang harus saya menangi. Saya harus menunjukkan permainan terbaik saya dalam setiap laga, karena sejak partai pertama di World Tour Finals, saya akan menghadapi pemain yang berada di peringkat 8 atau 10 besar dunia. Jadi, ini akan lebih sulit,” kata Tai Tzu Ying sebagaimana dilansir situs resmi BWF.

Tahun lalu, saat masih bertajuk BWF Superseries Final, Tai harus tersingkir di babak perempat final usai dikalahkan tunggal putri Thailand, Ratchanok Intanon. Mendapatkan kesempatan berlaga di BWF World Tour Finals 2018, Tai mengaku akan memanfaatkannya dengan semaksimal mungkin.

Ratchanok Intanon disebut-sebut menjadi salah satu pebulutangkis yang berpeluang besar mampu menjegal langkah dan ambisi Tai Tzu Ying saat tampil di BWF World Tour Finals 2018 Guangzhou. Berdasarkan 22 kali rekor pertemuan kedua pemain, 12 diantaranya berhasil dimenangi Ratchanok. Kendati demikian, Tai Tzu Ying diprediksi masih menjadi kandidat terkuat untuk mengangkat tahta juara tunggal putri di kejuaraan penutup BWF 2018 ini.

Pasalnya, pebulutangkis 24 tahun asal Taiwan ini cukup mendominasi sektor tunggal putri selama beberapa tahun belakangan. Bahkan Tai nyaris tak terkalahkan di semester awal 2018. Selain menyandang peringkat satu dunia, Tai juga sukses meraih enam titel juara World Tour dan satu medali emas Asian Games 2018.

Dari enam gelar juara yang diraih, dua di antaranya merupakan turnamen berlabel Super 1000, yakni All England dan Blibli Indonesia Open. Kemudian, dua gelar lain didapat dari kejuaraan level Super 750, dan masing-masing satu titel dari Super 500 dan Super 300. Artinya, dengan torehan prestasi yang berhasil dikoleksi Tai Tzu Ying tahun ini, masih membuatnya berpeluang menjuarai BWF World Tour Finals 2018 Guangzhou.

 

Daftar Gelar Juara Tai Tzu Ying 2018:

  • All England BWF World Tour Super 1000
  • Blibli Indonesia Open BWF World Tour Super 1000
  • Malaysia Open BWF World Tour Super 750
  • Denmark Open BWF World Tour Super 750
  • Daihatsu Indonesia Masters BWF World Tour Super 500
  • Chinese Taipei Open BWF World Tour Super 300
  • Medali Emas Asian Games 2018