Tumbangkan Sindhu, Chochuwong Melesat Ke Final

Pornpawee Chochuwong (Thailand) bersiap mengembalikan shuttlecock. (Copyright: Badmintonphoto | Courtesy of BWF)
Pornpawee Chochuwong (Thailand) bersiap mengembalikan shuttlecock. (Copyright: Badmintonphoto | Courtesy of BWF)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Hasil cukup mengejutkan tersaji di babak semifinal All England 2021 BWF World Tour Super 1000. Pebulutangkis tunggal putri Thailand, Pornpawee Chochuwong berhasil menumbangkan peraih medali perak Olimpiade Rio de Janeiro 2016 asal India, Pusarla V. Sindhu lewat permainan straight game dengan skor 21-17 dan 21-9 pada pertandingan yang berlangsung di Utilita Arena Birmingham, Inggris, Sabtu (20/3).

Ini menjadi kemenangan kedua yang mampu dipetik Chochuwong atas Sindhu dalam total enam pertemuan. Pemain nomor 11 dunia itu mengaku sangat percaya diri saat berduel dengan Sindhu. Chochuwong bahkan mampu mengambil alih kendali permainan dan menang dengan skor telak, 21-9.

“Hari ini saya sangat percaya diri dan bermain bagus selama pertandingan. Rencana saya adalah mengontrol diri saya terlebih dahulu dan melawan setiap serangan Sindhu. Karena dia juga kuat dan cepat. Setelah saya memenangkan game pertama, di game kedua mungkin dia memberi lebih banyak tekanan pada dirinya sendiri dan mungkin membuat lebih banyak kesalahan,” kata Pornpawee Chochuwong dikutip dari situs resmi Federasi Bulutangkis Dunia (BWF).

Sementara itu, Sindhu mengakui bahwa penampilan Chochuwong hari ini lebih baik darinya. “Saya pikir ini adalah harinya. Semua yang dia pukul dipertaruhkan, saya tidak bisa berbuat apa-apa. Secara keseluruhan, saya seharusnya (bisa) mengendalikannya. Saya tahu ini akan menjadi pertandingan yang bagus, tapi dia bukan pemain yang mudah dan dia melakukannya dengan baik hari ini. Pukulannya sangat bagus dan dia akan menjadi pemain yang sangat bagus,” ungkap Pusarla V. Sindhu.

“Semua orang bertujuan untuk mencapai final. Sekarang sudah berakhir (untuk saya). Jadi saya harus belajar dari kesalahan dan mengambil sisi positifnya. Saya belum ada turnamen selama beberapa bulan ke depan. Jadi saya punya waktu untuk bersiap dan kembali lebih kuat,” sambungnya menambahkan.

Berhasil melangkahkan kaki ke partai puncak All England 2021 BWF World Tour Super 1000, Chochuwong akan berhadapan dengan tunggal putri Jepang nomor empat dunia, Nozomi Okuhara. Ini akan menjadi pertemuan keenam buat mereka. Dalam lima pertemuan sebelumnya, Chochuwong tercatat baru sekali memetik kemenangan. Itu pun terjadi pada tiga tahun lalu. Tepanya pada kejuaraan Malaysia Open 2018. “Saya sangat senang bisa lolos ke final, rasanya sangat bahagia,” tutup Chochuwong.