Thomas Cup 2022 - "Juara Kita Gembira, Kalah Kita Terima"

Kevin Sanjaya Sukamuljo & Mohammad Ahsan (Humas PP PBSI)
Kevin Sanjaya Sukamuljo & Mohammad Ahsan (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Bangkok | Kekalahan telak dari India yang dialami oleh juara bertahan Indonesia pada babak final Piala Thomas 2022, Minggu (15/5), adalah kenyataan yang harus diterima oleh regu putra "Merah Putih". "Tahun lalu kita juara, kita gembira. Kali ini kita kalah, ya harus diterima," kata pelatih ganda putra pelatnas bulu tangkis Indonesia, Herry Iman Pierngadi.

"Kekalahan ini harus kita terima sebagai bagian dari proses pembelajaran," tambah Herry, dalam siaran pers Humas PP PBSI.

Indonesia harus mengakui keunggulan India pada partai puncak kejuaraan beregu bergengsi yang digelar di Impact Arena, Bangkok, Thailand. Regu putra "Merah Putih" gagal mempertahankan trofi juara yang direbut di Aarhus, Denmark, setahun silam.

Indonesia kalah 0-3.

Herry juga menyatakan, hasil akhir di Bangkok wajib dijadikan bahan evaluasi sebagai bagian dari proses pembelajaran bagi semua pemain. Pil pahit ini harus diterima, kegagalan ini jangan terus diratapi, tetapi menjadi pelecut untuk bangkit kembali. "Kekalahan jangan membuat kita larut dalam kesedihan. Tetapi harus bangkit kembali menatap masa depan," katanya.

"Apa pun hasilnya, kita layak memberi ucapan selamat untuk India yang jadi juara Piala Thomas tahun ini," demikian Herry.