Thomas Cup 2022 - Indonesia Bertemu Jepang di Semifinal

Mohammad Ahsan & Kevin Sanjaya Sukamuljo (Humas PP PBSI)
Mohammad Ahsan & Kevin Sanjaya Sukamuljo (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Bangkok | Kemenangan pemain tunggal Jonatan Christie atas Li Shi Feng mengantarkan Indonesia ke babak empat besar Piala Thomas 2022. Pada babak perempat final kejuaraan beregu dunia yang digelar di Impact Arena, Bangkok, Thailand, Rabu (12/5) malam, regu putra "Merah Putih" menang 3-0 atas China. Jepang telah menanti Jonatan dan kawan-kawan di babak semifinal.

Jojo --sapaan akrab Jonatan Christie--, yang turun di partai ketiga babak perempat final antara Indonesia dan China, menang dua gim langsung 21-13, 21-18, atas Li, pemain berperingkat 50 dunia.

Kemenangan yang diraih oleh juara Swiss Open 2022 itu, sekaligus memastikan tiga poin bagi Indonesia, dan dua pertandingan tersisa tidak perlu digelar.

Poin pertama Indonesia diraih oleh pemain tunggal Anthony Sinisuka Ginting, yang juga mencatatkan kemenangan perdananya di Piala Thomas 2022. Pemain berperingkat lima dunia itu harus bermain rubber game selama 80 menit, sebelum memenangkan laga atas Zhao Jun Peng dengan skor  21-12, 25-27, 21-17.

Tren kemenangan regu "Merah Putih" berlanjut pada ganda pertama Kevin Sanjaya Sukamuljo/Mohammad Ahsan, yang berhasil menghentikan perlawanan Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi lewat dua gim langsung 21-17, 21-16.

Pelatih ganda putra pelatnas bulu tangkis Indonesia, Herry Iman Pierngadi, berpendapat, permainan Kevin/Ahsan kali ini jauh lebih baik ketimbang pada laga perdana mereka pada fase penyisihan grup melawan Korea Selatan. "Mentalitas dan kematangan Kevin/Ahsan begitu terasa. Sementara lawan malah kurang lepas dan tertekan. Beberapa kali salah sendiri dan permainannya tidak lepas," katanya.

Sementara, Jepang, melaju ke babak semifinal setelah menang atas Taiwan. Kento Momota dan kawan-kawan harus menanti hingga partai terakhir antara Liao Jhuo-Fu dan Kenta Nishimoto, guna memastikan tiket empat besar. Jepang menang 3-2 atas Taiwan.