"Tak Ada yang Bisa Menghentikan Leani"

Hary Susanto & Leani Ratri Oktila (Foto: @asianparalympic)
Hary Susanto & Leani Ratri Oktila (Foto: @asianparalympic)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | "Tak ada yang bisa menghentikan Leani Ratri Oktila mendulang medali untuk Indonesia di Paralimpiade Tokyo. Kemarin, ia mempersembahkan medali emas dari bulutangkis ganda putri. Hari ini, dua medali ia raih di dua final," tulis Presiden Joko Widodo melalui akun Instagram-nya, @jokowi, Minggu (5/9). Leani sukses meraih dua medali emas dalam dua hari berturut-turut dan satu medali perak pada ajang Paralimpiade Tokyo 2020.

Lebih lanjut, melalui akun Instagram yang diikuti lebih dari 41,7 juta akun tersebut, Kepala Negara menyatakan, "Medali emas direbutnya dari ganda campuran bersama Hary Susanto. Lalu di pertandingan sebelumnya Leani Ratri Oktila meraih medali perak di tunggal putri. "Dengan demikian Leani sudah menyumbang dua medali emas dan satu perak untuk Indonesia."

"Sekali lagi selamat kepada Leani Ratri Oktila dan Hary Susanto," demikian sebait ucapan selamat kepada atlet asal Pekanbaru itu dari RI1.

Kantor berita Antara melaporkan, Leani turun di nomor ganda campuran SL3-SU5 berpasangan dengan Hary Susanto, meraih emas setelah melalui perjuangan sulit, meladeni ganda campuran Prancis, Lucas Mazur/Faustine Noel, pada babak final yang berakhir dengan skor 23-21, 21-17.

Pada pagi sebelumnya, Leani mempersembahkan medali perak dari cabang para bulu tangkis tunggal putri SL4 Paralimpiade Tokyo 2020, setelah mengalami kekalahan dari atlet para bulu tangkis Tiongkok, Cheng He Fang, dalam rubber-game melelahkan dengan skor akhir 19-21, 21-17, 16-21.

Sementara pada Sabtu (4/9), Leani juga menyumbang medali emas pertama untuk Indonesia itu di nomor ganda putri SL3-SU5 bersama Khalimatus Sadiyah.

Leani sempat mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi atas perhatian lebih yang diberikan serta perlakuan yang setara antara atlet disabilitas dan non-disabilitas. Ucapan terima kasih tersebut disampaikan Leani saat melakukan panggilan video dengan Kepala Negara, usai menyumbangkan medali emas kedua bagi Indonesia dalam Paralimpiade Tokyo 2020, Minggu (5/9).

"Tadi saya telepon dengan Pak Jokowi, saya mengucapkan terima kasih karena sangat peduli kepada kami (atlet disabilitas). Dan selama pemerintahan Pak Jokowi, atlet merasa disetarakan," ungkap Leani, dilansir Antara.

Leani mengaku puas dengan perolehan dua emas dan satu perak di Tokyo.