Spain Masters 2023 - Vamos Gregoria!

Gregoria Mariska Tunjung (Humas PP PBSI)
Gregoria Mariska Tunjung (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung, memastikan diri tampil di final Spain Masters 2023, Minggu (2/4). Tiket menuju final perdana Gregoria pada tahun ini didapat setelah ia menumbangkan pemain andalan tuan rumah, Carolina Marín, 10-21, 21-15, 21-10 dalam pertandingan yang berlangsung selama 60 menit, di Centro Deportivo Municipal Gallur, Madrid, Spanyol, Sabtu (1/4) malam waktu setempat.

Gregoria, yang kini menempati posisi 12 pada peringkat dunia, terakhir kali mencapai partai puncak pada Australia Open 2022, November lalu. Kala itu, Gregoria harus puas dengan posisi runner-up setelah dikalahkan pebulu tangkis Korea Selatan An Se-young.

"What a game! What a comeback! Gregoria kalahkan Carolina Marin dan maju ke babak final!" tulis PP PBSI, melalui akun Twitter-nya, Minggu (2/4) dini hari WIB.

Di final turnamen level BWF World Tour Super 300 ini, tunggal putri andalan "Merah Putih" ini bakal bertemu Pusarla V. Sindhu dari India, yang meraih tiket final seusai mengemas kemenangan atas Yeo Jia Min asal Singapura. Unggulan kedua itu menang straight games 24-22, 22-20.

Sebelumnya, ganda campuran Indonesia Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti telah memastikan tiket final setelah menaklukkan pasangan Denmark Mathias Thyrri/Amalie Magelund. Juara All England 2020 itu menang rubber game 21-15, 22-24, 21-12 dalam tempo 54 menit. Inilah final pertama Praveen/Melati, sejak kali terakhir keduanya melangkahkan kaki ke partai puncak pada Thailand Open 2021.

Di final, Praveen/Melati akan bertemu unggulan kedelapan yang juga berasal dari Denmark, Mathias Christiansen/Alexandra Bøje.