Spain Masters 2023 - Gregoria Harapan Terakhir Indonesia

Gregoria Mariska Tunjung (Humas PP PBSI)
Gregoria Mariska Tunjung (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Indonesia hanya menyisakan Gregoria Mariska Tunjung pada sektor tunggal, setelah Christian Adinata dan Putri Kusuma Wardani tersisih di babak 16 besar Spain Masters 2023. Pebulu tangkis putri berperingkat 12 dunia itu berhasil merebut tiket perempat final berkat kemenangan dramatis atas Kim Ga Eun dari Korea Selatan, Kamis (30/3), di Centro Deportivo Municipal Gallur, Madrid, Spanyol.

Gregoria, unggulan kelima pada turnamen level BWF World Tour Super 300 ini, harus bekerja ekstra keras untuk meredam perlawanan Kim, yang kini menempati peringkat 20 dunia. Atlet kelahiran Wonogiri, Jawa Tengah tersebut akhirnya merebut kemenangan rubber game 12-21, 21-14, 23-21, setelah bertarung selama 57 menit.

Sementara, Putri, yang sepekan lalu sukses mengalahkan Pusarla V. Sindhu pada Swiss Open 2023, gagal menjaga tren kemenangannya atas wakil India tersebut. Putri kalah dua gim langsung 14-21, 16-21.

Christian juga gagal menembus perempat final setelah kalah straight games 20-22, 15-21 dari unggulan keenam asal Denmark, Rasmus Gemke.  

Hingga berita ini diturunkan, selain Putri dan Christian, ganda putra Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana, ganda putri Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi, serta ganda campuran Adnan Maulana/Nita Violina Marwah, juga tersisih di babak 16 besar.

Masih tersisa satu wakil Indonesia yang akan bertanding pada hari ketiga turnamen ini, yakni ganda putra Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan yang bersua dengan pasangan Jepang, Ayato Endo/Yuta Takei.