Singapore Open 2023 - Ginting Kembali Kalahkan Li Shi Feng

Anthony Sinisuka Ginting (Humas PP PBSI)
Anthony Sinisuka Ginting (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting melaju ke babak empat besar Singapore Open 2023 setelah kembali mengalahkan pebulu tangkis asal China, Li Shi Feng, di perempat final, Jumat (9/6). Kemenangan tersebut turut mencatatkan rekor unik pertemuan antara Anthony dan Li, dengan mengantongi skor 3-0 yang seluruhnya terjadi di perempat final.

 

Pada dua pertemuan sebelumnya yang terjadi pada 2023, Anthony mengalahkan Li pada perempat final Kejuaraan Individu Asia (April) dan India Open (Januari). Sedangkan dalam pertemuan di Singapura, Anthony menundukkan pebulu tangkis peringkat ke-12 itu dengan rubber game 21-13, 16-21, 21-12.

Menurut laporan Antara, Anthony mengawali gim pertama dengan bermain secara berani. Meski sempat tertinggal pada permulaan pertandingan dengan skor 0-2. Namun, Anthony bisa merebut keunggulan lewat pertahanan yang konsisten.

Saat Li mulai mengendurkan reli, Anthony dengan sigap memberikan smes atau pukulan menyilang yang berbuah poin. Upaya tersebut membuahkan empat poin beruntun bagi Anthony untuk memimpin.

Pebulu tangkis peringkat dua dunia itu juga mampu mengarahkan pukulan dan buangan kok secara akurat, ke titik Li tidak bisa menghalaunya.

Dalam gim pertama, Anthony menciptakan lima kali peluang poin beruntun, dengan jumlah terkecil dua poin dan terbanyak mencapai enam poin yang tercipta jelang gim poin yaitu dari 14-12 menjadi 20-14.

Masuk gim kedua, Anthony sempat kesulitan mengawali permainan karena tertinggal lima poin dari Li. Baru pada poin keenam yang dimainkan, Anthony mendulang angka pertamanya menjadi 1-5.

Li mengubah polanya lebih agresif pada gim tersebut, sedangkan Anthony belum siap untuk menerima perubahan strategi lawan.

Akibatnya Anthony terseret pada pola lawan hingga gim kedua usai. Anthony sempat menambah tiga poin berturut-turut jelang akhir gim, namun usahanya tak membuahkan hasil hingga Li menang dengan skor 16-21.

Permainan Anthony pada gim ketiga semakin menunjukkan peningkatan. Meski permainan kedua pemain jarang diwarnai adu smes atau drive. Namun, Anthony memberikan perlawanan lewat permainan netting yang sangat memukau.

Penempatan Anthony yang akurat dilengkapi dengan kemampuannya membaca titik lemah dari Li. Berulang kali Li terlihat kikuk saat ia tak bisa membaca arah pukulan dari Anthony dan membiarkan kok jatuh dalam areanya.

Selain itu, Anthony juga cermat dalam membaca arah jatuh kok yang melambung. Ia mendulang sejumlah poin setelah membiarkan kok dari Li jatuh di luar garis lapangan.

Pada interval, Anthony sudah mengantongi keunggulan 11-8 atas Li. Wakil Indonesia itu terus memberikan umpan-umpan sulit kepada wakil China.

Akhirnya Anthony menyudahi perlawanan Li pada menit ke-62. Pada babak semifinal, Anthony akan bertemu unggulan ketujuh Kunlavut Vitidsarn asal Thailand.