Piala Sudirman 2021 - Kalahkan Denmark, Ganda Indonesia Belum Terbendung

Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti (Foto: Badminton Photo/Raphael Sachetat)
Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti (Foto: Badminton Photo/Raphael Sachetat)
Internasional ‐ Created by Junius

Jakarta | Indonesia berhasil menjadi juara Grup C setelah mengalahkan atas Denmark 3-2, Rabu (29/9) malam WIB, pada babak penyisihan perebutan Piala Sudirman 2021. Kemenangan tersebut sekaligus membuktikan kekuatan skuad "Merah Putih" pada sektor ganda, yang belum mampu dibendung para pemain ganda Denmark, maupun sesama penghuni grup, Kanada dan Federasi Bulu Tangkis Rusia (NBFR).

Di luar penampilan sektor tunggal Indonesia yang belum menunjukkan konsistensinya, sektor ganda mampu membalikkan keadaan dari ketertinggalan sementara. Dimulai dengan kemenangan ganda putra, menyamakan kedudukan, hingga membawa Indonesia menjadi juara grup. Dominasi sektor ganda regu "Merah Putih" tak mampu dibendung Denmark.

Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, yang turun di partai pertama, menang atas Mads Pieler Kolding/Frederik Søgaard 21-19, 21-15. "Pasti senang bisa sumbangkan angka pertama. Kami akan terus melakukan yang terbaik untuk Indonesia," kata Marcus, melalui keterangan tim Humas dan Media PP PBSI.

"Dari awal tahun ini kita memiliki chance besar untuk merebut Piala Sudirman. Karena itu saya akan selalu menampilkan yang terbaik," Marcus, menambahkan.

Selain "Minions", kemenangan juga diraih Greysia Polii/Apriyani Rahayu di sektor ganda putri. Pasangan peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020 itu menyudahi perjuangan Maiken Fruergaard/Sara Thygesen 21-17, 21-9. Kemenangan tersebut sekaligus menyamakan kedudukan menjadi 2-2, setelah dua wakil Indonesia di sektor tunggal putri dan putra kalah dari lawan-lawan mereka.

Di partai pamungkas, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti memastikan kemenangan Indonesia setelah menumbangkan Mathias Thyrri/Amelie Magelund 21-8 21-17. Kemenangan ganda campuran Indonesia ini sekaligus mempertegas ketangguhan sektor ganda yang dimiliki skuad "Merah Putih".

Tercatat, sejak laga perdana yang digelar pada Minggu (26/9), sektor ganda yang dimiliki Indonesia belum menelan kekalahan satu gim pun.

Di laga perdana melawan NBFR, seluruh sektor ganda meraih kemenangan dua gim langsung. Saat itu, para pasangan yang diturunkan adalah Kevin/Marcus, Praveen/Melati, dan Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto pada ganda putri.

Sementara pada Senin (27/9) melawan Kanada, selain Greysia/Apriyani, Indonesia menurunkan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di sektor ganda putra dan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari di sektor ganda campuran. Hasilnya, ketiga ganda yang diturunkan juga mampu meraih kemenangan dua gim langsung atas lawan-lawan mereka.